Pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dengan pendekatan multi representasi terhadap penguasaan konsep gerak harmonik sederhana siswa kelas X / Nanda Yulia Dewi

Dewi, Nanda Yulia (2019) Pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dengan pendekatan multi representasi terhadap penguasaan konsep gerak harmonik sederhana siswa kelas X / Nanda Yulia Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dewi, Nanda Yulia. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran POE(Predict-Observe-Explain) Dengan Pendekatan Multi Representasi Terhadap Penguasaan Konsep Gerak Harmonik Sederhana Siswa Kelas X. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Asim, M.Pd., (II) Dr. Supriyono Koes Handayanto, M.Pd., M.A Kata kunci : Model Pembelajaran POE-Multi Representasi, POE, Penguasaan Konsep Berdasarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2018) PISA Indonesia masih menunjukkan bahwa Indonesia masih menepati peringkat di bawah negara-negara di asia tenggara seperti Malaysia, Thailand, dan Singapore. Kemampuan dalam bidang sains siswa SMA, dapat dilihat dari rerata Ujian Nasional(UN) siswa SMA salah satunya yaitu yang ada di Kota Malang. Berdasarkan data Kementerian pendidikan dan Kebudayaan(2018), bahwa pada tahun 2017 terdapat 7 dari 44 sekolah di kota malang baik negeri maupun swasta yang memiliki rata-rata nilai UN di atas nilai 70. Sehingga dapat dilihat bahwa kemampuan sains siswa sekolah menengah di kota malang masih cukup rendah. Dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna menjadi hal yang penting. Selain pembelajaran yang bermakna, juga dibutuhkan suatu pembelajaran yang memberikan konteks yang kaya bagi siswa untuk memahami suatu konsep. Oleh karena itu model pembelajaran POE(Predict-Observe-Explain) dengan pendekatan Multi Representasi dapat memberikan pengaruh yang baik pada penguasaan konsep siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas X MIPA SMAN 8 Malang tahun pelajaran 2019/2020. Dengan teknik nonprobability sampling jenis purposive sampling, diperoleh kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Setelah dilakukan uji prasyarat analisis maka hasil uji hipotesis dengan mengggunakan uji-t(sig.1-tailed), untuk mengetahui kelas manakah yang mempunyai penguasaan konsep lebih tinggi. Diperoleh kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran POE(Predict-Observe-Explain) dengan pendekatan Multi Representasi mempunyai penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran POE(Predict-Observe-Explain).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/124266

Actions (login required)

View Item View Item