Analisis kesalahan pengguna partikel de oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin angkatan 2014 Universitas Negeri Malang / Lyta Dwi Permatasari

Permatasari, Lyta Dwi (2015) Analisis kesalahan pengguna partikel de oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin angkatan 2014 Universitas Negeri Malang / Lyta Dwi Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Permatasari, Lyta Dwi. 2015.ÔÇØAnalisis Kesalahan Penggunaan Partikel de [的,地,得] oleh Mahasiswa Prodi Bahasa Mandarin Angkatan 2014 Universitas Negeri MalangÔÇØ Skripsi, Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin, Jurusan Sastra Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Iwa Sobara, S. Pd., M.A. Pembimbing (II): Drs. Tiksno Widyatmoko, M.A. Kata Kunci: kesalahan, partikel , kalimat Dalam bahasa Mandarin terdapat beberapa partikel. Partikel yang sering digunakan dalam Bahasa Mandarin adalah partikel de [的,地,得]. Partikel de tidak mempunyai arti jika berdiri sendiri. Secara sekilas penggunaan partikel de [的,地,得] tampak sederhana, namun fakta menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa mahasiswa yang tidak paham tentang partikel de [的,地,得]. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan partikel de [的,地,得] serta faktor-faktor penyebabnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah hasil tes mahasiswa Prodi Bahasa Mandarin angkatan 2014. Data dalam penelitian ini adalah kesalahan penggunaan partikel de [的,地,得]. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama. Peneliti juga menggunakan instrumen pendukung berupa tabel dokumentasi, tes, dan lembar angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa masih melakukan kesalahan dalam penggunaan partikel de [的,地,得], yaitu kesalahan pemilihan antara partikel de [的], de [地], de [得] dan tidak memberikan jawaban pada soal tes. Sementara itu, dari hasil angket diketahui ada empat faktor penyebab mahasiswa melakukan kesalahan dalam penggunaan partikel de [的,地,得], yaitu (1) belum memahami penggunaan partikel de [的,地,得] dan perbedaannya , (2) belum mampu memahami kosa kata dan penggolongan kata, (3) tidak mengetahui struktur kalimat penggunaan partikel de [的,地,得], (4) kesulitan pemilihan partikel de [的,地,得] yang harus digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12404

Actions (login required)

View Item View Item