Strategi pembelajaran paduan suara pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Katolik Cor Jesu Kota Malang / Dhanada Ilham Suwardi - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pembelajaran paduan suara pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Katolik Cor Jesu Kota Malang / Dhanada Ilham Suwardi

Suwardi, Dhanada Ilham (2019) Strategi pembelajaran paduan suara pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Katolik Cor Jesu Kota Malang / Dhanada Ilham Suwardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suwardi Dhanada Ilham. 2019. Strategi Pembelajaran Paduan Suara Pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Katolik Cor Jesu Kota Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ninik Harini M.Sn (II) Rully Aprilia Zandra S.Pd. M.Pd. M.Sn . Kata Kunci Strategi Pembelajaran Paduan Suara Ekstrakurikuler SMP Katolik Cor Jesu Kota Malang SMP Katolik Cor Jesu merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang memiliki kegiatan ekstrakurikuler Paduan Suara. Ekstrakurikuler Paduan Suara tersebut menjadi salah satu ekstrakurikuler unggulan yang berhasil mencetak banyak prestasi dalam perlombaan festival paduan suara dari tingat regional nasional hingga internasional. Hal tersebut menjadi sebuah pertanyaan strategi apakah yang digunakan oleh guru ekstrakurikuler di SMP Katolik Cor Jesu. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengorganisasian pembelajaran paduan suara penyampaian pembelajaran paduan suara dan pengelolaan pembelajaran paduan Suara. Pengorganisasian pembelajaran meliputi perencanaan pembelajaran yaitu tujuan materi metode media penilaian. Penyampaian pembelajaran dilakukan dalam tiga langkah yaitu kegiatan pendahuluan inti dan akhir. Pengelolaan pembelajaran meliputi pengelolaan fisik dan siswa. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi dalam bentuk foto dan video. Intrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran ekstrakurikuler Paduan Suara di SMP Katolik Cor Jesu yang digunakan oleh guru ekstrakurikuler antara lain (1) pengorganisasian yang dilakukan oleh pelatih menitikberatkan pada fleksibilitas urutan dalam perencanaan pembelajaran (2) penyampaian pembelajaran meliputi tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan dan inti dilakukan secara berurutan dan bertahap dalam setiap pertemuan kemudian untuk penutup tidak selalu dilakukan secara bersamaan dan berbeda dalam setiap pertemuan (3) pengelolaan pembelajaran meliputi pengelolaan fisik berupa sarana dan prasarana penunjang ekstrakurikuler yang sudah terpenuhi dan pengelolaan siswa dimana guru bertindak sebagai sutradara dan motivator siswa untuk lebih disiplin dalam pembelajaran di kelas. Kesimpulan yang didapat melalui penelitian ini memuat tiga hal yaitu pengorganisasian pembelajaran penyampaian pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran. Diharapkan penelitian ini dapat digunakan untuk pelatih paduan suara di intansi pendidikan dan sebagai sarana informasi terkait strategi pembelajaran paduan suara. Selain itu untuk sekolah SMP Katolik Cor Jesu diaharapkan sebagai bahan input agar pembelajaran paduan suara dapat lebih baik dan berkembang sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/123554

Actions (login required)

View Item View Item