Seni pertunjukan tari khas daerah Malang sebagai atraksi wisata di Kampung Tridi Malang / Sofia Damaris - Repositori Universitas Negeri Malang

Seni pertunjukan tari khas daerah Malang sebagai atraksi wisata di Kampung Tridi Malang / Sofia Damaris

Damaris, Sofia (2019) Seni pertunjukan tari khas daerah Malang sebagai atraksi wisata di Kampung Tridi Malang / Sofia Damaris. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Damaris Sofia. 2019.Seni Pertunjukan Tari Khas Daerah Malang Sebagai Atraksi Wisata di Kampung Wisata Tridi Malang Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik. Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Soerjo Wido Minarto M.Pd (I) (II) Hartono S. Sn M. Sn Kata Kunci Seni pertunjukan Atraksi Wistaa Kampung Wisata Tridi Malang. Kampung wisata Tridi Malang merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tempat wisata ini sangat unik dan menarik karena kampung yang dahulu terkenal kumuh berubah menjadi tempat wisata yang bersih tertata rapi penuh dengan warna-warni dan gambar-gambar dua dimensinya. Letak geografis kampung Kesatrian yang strategis berada di pusat kota Malang merupakan salah satu potensi tersendiri. Warga setempat yang relatif kreatif dan berbakat dalam hal seni memiliki wadah setelah menjadi kampung wisata Tridi. Keahlian warga tersebut tersalurkan dan terlihat melalui konsep dari wisata kampung Tridi yang berbeda dibanding tempat wisata lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati seni pertunjukan yang dipergelarkan di tempat wisata tersebut. Selain untuk menarik pengunjung juga untuk memperkenalkan dan mendekatkan kesenian tradisional khusunya tari tradisi khas daerah Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi wawancara dan studi dokumen. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan mempergunakan triangulasi sumber triangulasi metode dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa dengan adanya atraksi wisata sebagai daya tarik wisata mempunyai dampak yang positif bagi pengunjung dan warga setempat. Pengunjung dapat mengenal kesenian tradisi khas Malang warga lebih mencintai kesenian tradisi dan mempelajari agar dapat menampilkan sendiri sebagai hiburan setiap minggunya. Atraksi wisata ini juga berdampak pada perekonomian sosial budaya dan lingkungan kampung Tridi berubah menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/123552

Actions (login required)

View Item View Item