Proses pembelajaran band dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kutowinangun Kabupaten Kebumen / Satrio Aji Nugroho

Nugroho, Satrio Aji (2019) Proses pembelajaran band dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kutowinangun Kabupaten Kebumen / Satrio Aji Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aji Nugroho, Satrio. 2019. Proses Pembelajaran Band dalam kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kutowinangun kabupaten Kebumen Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Program Studi S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ninik Harini, M.Sn. (II) Ika Wahyu Widyawati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Proses, Pembelajaran Band, SMA Negeri 1 Kutowinangun, Kebumen. SMA Negeri 1 Kutowinangun kabupaten Kebumen merupakan salah satu sekolah favorit yang unggul dalam ekstrakurikuler seni musik band. Kegiatan ekstrakurikuler band di SMA Negeri 1 Kutowinangun memiliki prestasi seperti juara 1 Festival Band SMA/SMK/MA se-Karisidenan Kedu dalam rangka hari ulang tahun SMA Negeri 1 Kutowinangun ke-30 tahun 2014 dan juara 1 Festival Band antar pelajar se-Kabupaten Kebumen dalam rangka hari ulang tahun Yamaha tahun 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran band dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kutowinangun kabupaten Kebumen. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data dan mengambil kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan proses pembelajaran band dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kutowinangun bahwa, 1) Pelatih tidak membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran melainkan berpedoman pada program kerja dan jadwal latihan. 2) Pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler band meliputi kegiatan awal yaitu apersepsi, motivasi, presensi daftar hadir dan menyiapkan alat dan bahan pembelajaran ekstrakurikuler. Pelaksanaan kegiatan inti menggunakan metode ceramah, metode demonstrasi dan metode drill. Pelaksanaan kegiatan akhir yaitu memaksimalkan materi lagu yang telah dilatih dan diaransemen kemudian menutup kegiatan pembelajaran dengan doa dan salam. 3) Evaluasi pembelajaran ekstrakurikuler band terdiri dari penilaian proses dan penilaian hasil. Kesimpulan penelitian ini adalah proses pembelajaran ekstrakurikuler band menerapkan tiga hal, yaitu perencanan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Saran peneliti bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu melanjutkan penelitian ini untuk mengetahui jenis, teknik dan strategi mengenai kegiatan ekstrakurikuler seni musik. Bagi SMA Negeri 1 Kutowinangun diharapkan dapat meningkatkan motivasi peserta didik dan melengkapi sarana dan prasarana ekstrakurikuler band.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/123550

Actions (login required)

View Item View Item