Analisis elemen visual pada kemasan keripik produk "Jagoan Indonesia" di Malang / Dinar Yusnia Chilyatul Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis elemen visual pada kemasan keripik produk "Jagoan Indonesia" di Malang / Dinar Yusnia Chilyatul Jannah

Dinar Yusnia Chilyatul (2020) Analisis elemen visual pada kemasan keripik produk "Jagoan Indonesia" di Malang / Dinar Yusnia Chilyatul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Desain kemasan adalah suatu bisnis kreatif yang mengaitkan antara bentuk struktur material warna citra tipografi dan elemen-elemen desain dengan informasi produk agar dapat dipasarkan.Teori untuk mendukung peneliian ini mencangkup teori analisis unsur-unsur visual yang terdiri atas unsur warna tipografi ilustrasi dan layout. Penelitian memfokuskan pada desain kemasan keripik produk ldquo Jagoan Indonesia rdquo di Malang dengan tujuan untuk mengetahui visualisasi kemasan dan unsur visual kemasan keripik produk Jagoan Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer meliputi kemasan keripik tempe pisang dan pala pada produk Jagoan Indonesia. Data Sekunder diperoleh dari sumber referensi buku web dan e-jurnal. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi/teknik pengamatan dokumen dan wawancara. Observasi dilakukan untuk mengamati produk kemasan dokumen berupa arsip-arsip terkait kemasan produk dan wawancara terhadap Arty Darmawan selaku desainer produk kemasan Jagoan Indonesia. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif yakni mendeskripsikan visualisasi kemasan dan unsur-unsur visualnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada aspek visualisasi kemasan ingin mengangkat produk UKM/UMKM menjadi lebih baik dan lebih menarik dengan visualisasi kesan produk lokal dan dengan dasar sociopreneur yang tercermin pada pencantuman foto dan cerita/pesan dari produsen (2) pada aspek unsur visual ketiga kemasan keripik Jagoan Indonesia ini konsisten menggunakan gambar ilustrasi dengan desain gaya memphis warna penuh memberikan kesan yang ceria tipografi konsisten dengan menggunakan kelompok font Sans Serif karakter cenderung informal dan bebas namun masih tetap terbaca. Sedangkan elemen-elemen yang khas terletak pada komposisi layout yang harmonis keseimbangan emphasis kesatuan dan proporsi yang serasi. Bagi peneliti lainnya diharapkan dapat menindaklanjuti dengan menganalisis aspek-aspek lainnya dari desain kemasan Jagoan Indonesia atau dengan pendekatan penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/123390

Actions (login required)

View Item View Item