Analisis visual cover novel karya Raditya Dika edisi revisi tahun 2017 / Melinda Lavenia - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis visual cover novel karya Raditya Dika edisi revisi tahun 2017 / Melinda Lavenia

Melinda (2020) Analisis visual cover novel karya Raditya Dika edisi revisi tahun 2017 / Melinda Lavenia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cover menjadi salah satu daya tarik pada media bacaan karena dapat membuat tampilan fisik cetak yang menarik. Pada penelitian ini yang diteliti adalah cover novel Raditya Dika edisi revisi cetakan 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan visualisasi desain cover novel karya Raditya Dika dari segi bentuk ilustrasi warna tipografi dan layout dan mendeskripsikan keterkaitan isi cerita novel dengan ilustrasi cover. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kualitatif. Data penelitian yang diperoleh dari sumber data primer yakni cover novel Raditya Dika edisi revisi tahun 2017 yang terdiri Kambing Jantan Manusia Setengah Salmon dan Koala Kumal. Data primer lainnya yaitu dari hasil wawancara terhadap Agung Nurnugroho selaku penyelaras cover novel Raditya Dika dan WD Willy selaku ilustrator cover novel Raditya Dika serta data sekunder yakni referensi buku terkait penelitian. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi wawancara dan kajian dokumen. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan unsur ndash unsur visual yang ada dengan kaitannya terhadap isi cerita. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data dengan memilih fokus penting penyajian data dengan bentuk uraian singkat dalam bentuk teks yang naratif dan penyimpulan data yang berupa uraian singkat mengikuti permasalahan yang diambil dan disusun secara efisien dan efektif. Hasil dari analisis cover novel Raditya Dika menunjukkan bahwa pada cover novel karya Raditya Dika edisi revisi tahun 2017 mengandung unsur ilustrasi kartun berbentuk karakter dengan gaya Jepang yang dibuat chibi yang terlihat sederhana tipografi menggunakan font dekoratif dan sans serif yang terlihat formal dan elegan warna tergolong full color serta kombinasi warna yang menggunakan monochrome dan analog sehingga terlihat harmonis dan layout yang memang sudah menerapkan prinsip desain seperti kesatuan(unity) pada elemen visual yang digunakan dengan baik keseimbangan (balance) yang simetris irama (ritme) berbentuk I dan penekanan (emphasis) yang terletak pada ilustrasi. Dari elemen visual tersebut dapat mengkomunikasikan dan memiliki kaitan dengan isi atau pesan pada cerita. Saran bagi peneliti lainnya diharapkan dapat menindaklanjuti dengan menganalisis aspek ndash aspek lainnya dari desain cover novel karya Raditya Dika atau dengan pendekatan penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/123389

Actions (login required)

View Item View Item