Perwujudan siluet dengan tema suasana hati sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni lukis menggunakan mix media / Dinie Ari Puthi

Puthi, Dinie Ari (2019) Perwujudan siluet dengan tema suasana hati sebagai sumber inspirasi penciptaan karya seni lukis menggunakan mix media / Dinie Ari Puthi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dinie. 2019. Perwujudan Siluet Dengan Tema Suasana Hati Sebagai Sumber Inspirasi Dalam Penciptaan Karya Seni Lukis Menggunakan Mix Media. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Triyono Widodo, M.Sn. Kata Kunci: Siluet, Suasana hati, Karya lukis Siluet terbentuk karena cahaya pada latar belakang objek lebih mendominasi, sehingga objek utama terhihat gelap seperti bayangan. Hal seperti itu bisa kita temukan pada efek yang dihasilkan dalam fotografi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti kata siluet yaitu suatu gambar dengan warna blok yang biasanya berwarna gelap karena representasi dari tidak adanya cahaya yang mengenai sebuah objek. Warna yang terlihat dari sebuah benda merupakan spektrum cahaya yang jatuh pada permukaan benda. Cahaya memiliki gelombang elektromagnetik yang dapat ditangkap oleh mata manusia, sedangkan kemampuan suatu benda untuk memantulkan warna dipengaruhi oleh pigmen yang terkandung di dalam permukaan benda. Pigmen hitam memiliki sifat tidak memantulkan cahaya apapun yang jatuh di permukaannya. Pencipta memilih objek siluet dengan memadukan tema suasana hati, dalam hal ini suasana hati yang dimaksud yaitu kondisi perasaan seseorang yang dapat memberikan dampak pada psikologinya. Keadaan tersebut terjadi karena adanya pengalaman yang menjadi kenangan baik atau tidak pada diri individu yang mngalaminya, sehingga luapan atau ekspresi yang tergambar pada suasana hatinya akan terlihat jelas melalui fisiknya. Alasan yang mendorong pencipta untuk memilih objek siluet dikarenakan setiap manusia yang hidup pasti memiliki bayangan yang dapat dilihat apabila terdapat cahaya, sedangkan cahaya sendiri diibaratkan sebagai sebuah harapan atau sesuatu yang tidak berwujud tetapi ada. Visualisasi dari ide tersebut disajikan dalam bentuk karya seni lukis mix media yang berjumlah 6 buah. Media yang digunakan adalah kanvas dengan menempelkan kertas khusus pada objek utamanya, kemudian mewarnainya dengan cat akrilik menggunakan kuas dengan teknik sapuan kuas secara halus, tipis dan berulang serta dengan memadukan teknik blok. Melalui penciptaan karya ini semoga dapat membantu pengamat untuk lebih mengkondisikan suasana hatinya agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/123387

Actions (login required)

View Item View Item