Peningkatan hasil karya seni grafis cetak dalam teknik gores melalui model pembelajaran cooperative tipe stad pada siswa kelas X-Mipa 1 SMA Negeri 2 Batu / Rinay Wita Dhea Savira - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil karya seni grafis cetak dalam teknik gores melalui model pembelajaran cooperative tipe stad pada siswa kelas X-Mipa 1 SMA Negeri 2 Batu / Rinay Wita Dhea Savira

Savira, Rinay Wita Dhea (2020) Peningkatan hasil karya seni grafis cetak dalam teknik gores melalui model pembelajaran cooperative tipe stad pada siswa kelas X-Mipa 1 SMA Negeri 2 Batu / Rinay Wita Dhea Savira. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Savira Dhea Wita Rinay. 2018. Peningkatan Hasil Karya Seni Grafis Cetak Dalam Teknik Gores Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas X-Mipa 1 SMA Negeri 2Batu. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Tjitjik Sriwardhani M.Pd. Kata Kunci Seni Grafis Cetak Dalam Kooperatif Tipe STAD SMA. Pembelajaran Seni Budaya materi Seni Rupa di SMA Negeri 2 Batu sesuai dengan kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum 2006 materi Seni Grafis sesuai dengan KD mengekspresikan diri melalui karya Seni Grafis. Seni Grafis metode Cetak Dalam di SMA Negeri 2 Batu biasanya menggunakan mika sedangkan untuk Cetak Tinggi menggunakan media dari wortel sterofom. Tetapi pembelajaran Seni Grafis yang merupakan salah satu kompetensi kelas X-MIPA di SMA Negeri 2 Batu kurang berhasil. Ketidak berhasilan ini berdasarkan hasil wawancara dengan guru Seni Rupa Bagus Dwioro S.Pd dikarenakan siswa kurang menguasai teknik gores dan kurang mandiri dalam berkreasi. Dalam penelitian ini untuk meningkatkan hasil karya siswa salah satunya dengan berkarya Seni Grafis Cetak Dalam Teknik Gores melalui model Pembelajaran Kooperatif Type STAD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil karya siswa dalam Kompetensi Dasar mengekspresikan diri melalui karya Seni Grafis. Dalam berkarya Seni Grafis tujuan dan fungsi berkarya yaitu untuk memenuhi kepuasan atau untuk mengekspresikan diri dalam bentuk karya dua dimensi yang menggunakan proses acuan atau matrix. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tahap siklus tindakan pembelajaran. Tiap siklus dimulai dengan (1) Perencanaan meliputi penyusunan RPP media pembelajaran instrument penelitian (2) Tindakan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (3) Pengamatan dilakukan peneliti untuk mengamati guru dan siswa selama proses belajar dan penilaian hasil karya (4) Refleksi dengan melakukan analisa dan interpretasi terhadap hasil observasi penilaian hasil karya dan wawancara. Hasil refleksi digunakan untuk perbaikan pembelajaran pada siklus berikutnya hingga terjadi peningkatan. Berdasarkanhasil karya siswa menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat disimpulkan (1) nilai rata-rata pada hasil karya tahap perancangan adalah 68 7 (2) nilai rata-rata pembuatan acuan 69 2 (3) nilai rata-rata siswa pada reproduksi karya adalah 68 3. Sedangkan pada siklus II siswa telah menunjukkan peningkatan yang berarti (1) nilai rata-rata pada hasil karya tahap perancangan adalah 80 8 (2) nilai rata-rata pembuatan acuan 82 4 (3) nilai rata-rata siswa pada reproduksi karya adalah 82 3. Hal ini dapat dilihat dari penguasaan siswa dalam berkarya seni grafis cetak dalam teknik gores melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dapat disimpulkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan dalam berkarya Seni Grafis Cetak Dalam Teknik Gores melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD. Oleh sebab itu sebagai guru seni rupa diharapkan agar lebih termotivasi untuk menggunakan berbagai macam model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/123382

Actions (login required)

View Item View Item