Analisis perkembangan batik di rumah batik Maulana Situibondo tahun 2011-2019 / Kholifatu Annisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis perkembangan batik di rumah batik Maulana Situibondo tahun 2011-2019 / Kholifatu Annisa

Annisa, Kholifatu (2019) Analisis perkembangan batik di rumah batik Maulana Situibondo tahun 2011-2019 / Kholifatu Annisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Annisa Kholifatu. 2019. Analisis Perkembangan Batik Di Rumah Batik Maulana Situbondo pada Tahun 2011-2019. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. A.A.G. Rai Arimbawa M. Sn (II) Lisa Sidyawati S.Pd M.Pd. Kata kunci Perkembangan Batik Kerang Maulana Situbondo. Kabupaten Situbondo memiliki potensi yang kaya akan hasil laut salah satunya kerang. Kerang juga digunakan sebagai motif batik khas Situbondo. Salah satu industri batik khas Situbondo yaitu Rumah Batik Maulana Situbondo yang letaknya di Jl. Sucipto No.110 Dawuhan Kecamatan Situbondo. Pada tahun 2011 Yanik Rejeki mendirikan IKM (Industri Kecil Menengah) yaitu Rumah Batik Maulana Situbondo yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat disekitarnya agar dapat meningkatkan perekonomian keluarganya. Rumah Batik Maulana Situbondo memiliki motif batik khas yaitu bunga melati dan bunga kantil dengan kombinasi motif kerang sebagai batik khas Situbondo. Hal tersebut membuat peneliti ingin mengkaji lebih dalam tentang perkembangan motif batik yang terjadi di Rumah Batik Maulana Situbondo pada tahun 2011-2019. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Sumber data utama dalam penelitian ini yaitu Yanik Rejeki selaku pemilik Rumah Batik Maulana Situbondo dan juga Antar Nusa selaku desainer motif batik di Rumah Batik tersebut. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini antara lain 1) wawancara yang dilakukan dengan Pemilik dan juga pekerja yang ada di Rumah Batik Maulan 2) observasi yang dilakukan sebelum melaksanakan penelitian selain observasi langsung di lapangan peneliti juga melakukan observasi menggunakan referensi yang terkait dengan motif batik itu sendiri 3) dokumentasi yang dikumpulkan oleh peneliti berupa tropi penghargaan softfile desain motif batik produk kain batik yang ada di Rumah Batik Maulana selain itu peneliti juga mengumpulkan dokumentasi melalui akun sosial media Maulana Batik Situbondo berupa facebook. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan motif batik kerang di Maulana Batik Situbondo dari tahun 2011 hingga tahun 2019 meengalami perkembangan yang cukup signifikan. Perkembangan tersebut dapat dikatakan signifikan karena motif yang ada mengalami konsistensi perubahan secara bertahap. Ada dua faktor yang mempengaruhi perkembangan motif tersebut yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal itu sendiri adalah SDM (Sumber Daya Manusia) hal tersebut dapat mempengaruhi perubahan pada motif batik seperti pengrajin batik yang ada disana karena sudah memiliki kreatifitas dan pengetahuan terhadap produk batik. Sedangkan faktor eksternal yang dimaksud disini ialah permintaan pasar permintaan konsumen dan juga perkembangan zaman selain itu faktor eksternal juga dapat berasal dari lingkungan sekitar dan juga kejadian yang dialami dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/123380

Actions (login required)

View Item View Item