Pengembangan Bahan Ajar Digital Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Siswa Kelas X Jurusan Teknik Pemesinandi SMK PGRI 3 Tlogomas Kota Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Bahan Ajar Digital Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Siswa Kelas X Jurusan Teknik Pemesinandi SMK PGRI 3 Tlogomas Kota Malang

Rofiandi, Heri (2019) Pengembangan Bahan Ajar Digital Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Siswa Kelas X Jurusan Teknik Pemesinandi SMK PGRI 3 Tlogomas Kota Malang. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan dan penelitian ini bertuan untuk: (1) Menghasilkan bahan ajar elektronik teknologi mekanik teori perkakas tangan untuk siswa kelas X Jurusan Teknik Mesin; (2) Menguji kelayakan bahan ajar elektronik berdasarkan hasil validasi dari validator ahli materi dan validator ahli media; (3) Mengetahui respon pengguna terkait penggunaan bahan ajar elektronik melalui uji coba produk dalam sample kecil. Metode yang digunakan adalah menggunakan metodi ADDIE yang sudah dimodifikasi oleh peneliti dengan menghasilkan data kualitataif dan kuantitatif. Sampel dari penelitian dan pengembangan ini adalah1 guru mata pelajaran teknik pemesinan, 30 siswa kelas X TPA dan 30 siswa kelas X TPB di SMK PGRI 3 Tlogomas Kota Malang. Sample yang dipakai adalah keseluruhan dari populasi. Teknik pengambilan data menggunakan instrumen angket yang berisi pernyataan dan skor, serta pemberian kritik dan saran. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif diolah secara deskriptif dan data kuantitatif diolah menggunakan rumus. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Siswa belum mampu memahami dalam penerapan alat perkakas tangan dengan baik dan benar; (2) Guru membutuhkan bahan ajar yang baru dan inovatif; (3) Bahan Ajar yang di kembangkan mendapatkan skor validasidari ahli materi sebesar 86,90% dan mendapatkan skor validasi dari ahli media sebesar 91,67%; (4) bahan ajar digital yang dikembangkan mendapat respon yang baik oleh siswa dan layak untuk di uji cobakan karena mendapatkan skor 84,10%. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah siswa membutuhkan bahan ajar yang baru yang bisa memberikan motivasi belajar yang lebih tinggi dan menjadikan ruangkan kelas tidak menjadi membosankan, dan guru beban guru juga menjadi lebih ringan dalam menjelaskan penggunnaan perkakas tangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar Digital, Flipbook Maker, Perkakas Tangan, Teknologi Mekanik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 19 Oct 2022 01:09
Last Modified: 19 Oct 2022 01:09
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1233

Actions (login required)

View Item View Item