Analisis visual relief singa berhadapan di Candi Jabung Kabupaten Probolinggo / Charisma Syacy Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis visual relief singa berhadapan di Candi Jabung Kabupaten Probolinggo / Charisma Syacy Damayanti

Damayanti, Charisma Syacy (2019) Analisis visual relief singa berhadapan di Candi Jabung Kabupaten Probolinggo / Charisma Syacy Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Damayanti Charisma Syacy. 2019. Analisis Visual Relief Singa Berhadapan di Candi Jabung Kabupaten Probolinggo. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. AAG Rai Arimbawa M.Sn (II) Abdul Rahman Prasetyo S.Pd M.Pd. Kata Kunci bentuk visual relief singa berhadapan makna relief Candi Jabung Probolinggo Candi merupakan bangunan sakral peninggalan jaman dahulu. Banyak candi yang tersebar dipenjuru Indonesia dari yang berukuran kecil hingga besar.. Candi di Indonesia memiliki umur ratusan tahun dan tidak luput dari cerita peninggalan kerajaan pada jaman dahulu yang berbau Hindu-Budha. Cerita tersebut biasanya terdapat pada relief yang terukir pada dinding candi ataupun arca yang terdapat di dalam candi. Candi Jabung salah satu contohnya yaitu candi yang berada di wilayah Probolinggo Jawa Timur merupakan salah satu candi peninggalan kerajaan Majapahit. Guna mendapatkan data informasi tentang ragam hias relief Candi Jabung maka diadakan penelitian analisis relief Candi Jabung. Penelitian ini bertujuan memaparkan hasil analisis tentang (1) Bentuk visual relief ragam hias Candi Jabung dan (2) Makna relief ragam hias Candi Jabung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data hasil dilakukan dengan observasi wawancara dengan beberapa narasumber catatan lapangan mencari arsip serta dokumentasi. Pada penelitian ini untuk membuktikan keabsahan data dilakukannya teknik triangulasi dari berbagai sumber. Kegiatan analisis data diawali dengan observasi tempat mencari sumber data lain tahap identifikasi membuat kesimpulan serta evaluasi. Hasil dari penelitian yang diperoleh bentuk ragam hias relief pada Candi Jabung sangatlah banyak dan tidak sedikit relief yang sudah rapuh sehingga tidak terlihat jelas. Menurut struktur yang ada pada Candi Jabung terbagi menjadi empat bagian yaitu batur candi(kumai bawah) kaki candi(kumai atas) badan candi dan atap candi. Pada bagian batur candi(kumai bawah) banyak ditemukan sulur gelung dan relief singa yang menggambarkan sifat manusia sedangkan pada bagian kaki candi hingga tubuh candi banyak sekali relief yang menceritakan tentang Sri Tanjung dan Patih Sidapeksa selama masa hidupnya dan itu dibuktikan terdapat 19 relief pada tubuh Candi Jabung. Terakhir pada bagian atap candi yang terlihat seperti rumah ibadah Budha dan kemungkinan terdapat bentuk stupa yang hilang pada puncak atap Candi Jabung. Makna yang terdapat pada relief ragam hias Candi Jabung tidak luput dari kehidupan manusia serta pesan-pesan moral yang disampaikan melalui relief tersebut. Dari kehidupan manusia di dunia fana hingga kehidupan dewa-dewa di dunia nirwana semuanya berkaitan dan memiliki pesan moral tersendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/123228

Actions (login required)

View Item View Item