Ikram, Fadhil Zil (2020) Kesalahan Konstruksi Konsep Ukuran Pemusatan Data Berdasarkan Identitas Matematis Mahasiswa. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesalahan konstruksi konsep ukuran pemusatan data berdasarkan identitas matematis mahasiswa. 59 mahasiswa akuntansi diberikan tes dan kuesioner identitas matematis. Jurusan akuntansi dipilih dikarenakan: (1) jurusan ini merupakan jurusan non-matematika sehingga kemungkinan adanya mahasiswa dengan identitas matematis lebih tinggi; (2) akses pengambilan data lebih mudah; dan (3) ada mata kuliah statistika. Tes terdiri dari tes utama dan tes pelacak sedangkan kuesioner identitas matematis mencakup lima aspek identitas yaitu minat, pengetahuan, kemampuan, motivasi, dan kecemasan. Empat subjek dipilih dengan mempertimbangkan identitas matematisnya (positif dan negatif) serta respon yang diberikan pada setiap soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kesalahan konstruksi yang dialami oleh subjek dengan identitas matematis positif terdiri dari mis-logical construction, lubang konstruksi, dan pseudo construction. Mis-logical construction terjadi pada soal dengan penentuan modus di mana mahasiswa dengan identitas positif tidak memahami bahwa terdapat setidaknya dua syarat agar modus ada (banyak elemen data lebih dari satu dan terdapat elemen data yang frekuensinya berbeda dari elemen data yang lain) dan mereka mengetahui paling banyak satu syarat. Terkait lubang konstruksi, mereka tidak mempertimbangkan nilai modus yang bisa lebih dari satu, bagaimana pengaruh outlier. Adapun terkait pseudo construction, terjadi pseudo salah di mana setelah mahasiswa diberikan refleksi terkait soal penentuan modus, mahasiswa ini dapat menjawab dengan benar. Terkait mahasiswa dengan identitas matematis negatif, bentul-bentuk kesalahan konstruksi konsep yang terjadi ialah lubang konstruksi, mis-logical construction, dan mis-analogical construction. Lubang konstruksi terjadi karena mahasiswa tidak mempertimbangkan kesamaan ketiga nilai ukuran pemusatan, nilai modus yang tidak selalu tunggal, adanya nilai ekstrim, dan nilai mean yang melibatkan semua elemen data. Kesalahan kedua ialah terkait mis-logical construction di mana tak satupun mahasiswa dengan identitas negatif mengetahui syarat adanya modus dari suatu data. Terakhir ialah mis-analogical construction yang terjadi akibat dari mahasiswa yang menganggap bahwa bilangan pada data kategori ialah datanya meskipun bilangan tersebut berada pada kolom frekuensi.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan, Konstruksi Konsep, Ukuran Pemusatan Data, Identitas Matematis |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 04:06 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 04:06 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1232 |
Actions (login required)
View Item |