Penggunaan media pembelajaran magic window pada keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI SMAN 1 Ponggok Blitar / Luthfi Ayuningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media pembelajaran magic window pada keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI SMAN 1 Ponggok Blitar / Luthfi Ayuningtyas

Luthfi (2013) Penggunaan media pembelajaran magic window pada keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI SMAN 1 Ponggok Blitar / Luthfi Ayuningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Keterampilan Berbicara Media Pembelajaran Magic Window Berbicara merupakan suatu keterampilan berbahasa yang harus dilakukan secara efektif dan produktif. Berdasarkan dari hasil penilaian untuk keterampilan berbicara di SMAN 1 Ponggok dapat diketahui bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam berbicara bahasa Jerman. Media pembelajaran magic window adalah media yang digunakan peneliti untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI IPA2. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan media pembelajaran magic window pada keterampilan berbicara siswa kelas XI SMAN 1 Ponggok. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif untuk mendiskripsikan data-data yang diperoleh dari data observasi data wawancara data angket dan data hasil tes keterampilan berbicara siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa senang dengan penggunaaan media magic window pada pembelajaran bahasa Jerman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media magic window dalam pembelajaran berjalan dengan baik. Sebanyak 71% siswa dari 35 siswa dinyatakan lulus Standar Ketuntasan Minimal (SKM). Selain itu media magic window dapat membuat siswa aktif dan bersemangat dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Jerman. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media magic window dapat membuat siswa bersemangat dan termotivasi untuk belajar bahasa Jerman. Selain itu media ini juga menuntut siswa untuk aktif berbicara bahasa Jerman. Dengan demikian hendaknya pengajar menggunakan media ini pada kegiatan belajar mengajar khususnya pada keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12309

Actions (login required)

View Item View Item