Penerapan mdeia permainan walking box pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Mandarin siswa SMA Negeri 6 Malang / Nurul Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan mdeia permainan walking box pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Mandarin siswa SMA Negeri 6 Malang / Nurul Agustin

Agustin, Nurul (2019) Penerapan mdeia permainan walking box pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Mandarin siswa SMA Negeri 6 Malang / Nurul Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Agustin Nurul. 2019. Penerapan Media Permainan Walking Box Pada Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Mandarin Siswa SMA Negeri 6 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Herri Akhmad B. M.A. M.Hum. Kata Kunci keterampilan menulis bahasa Mandarin permainan Walking Box Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan media permainan Walking Box pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Mandarin siswa SMA Negeri 6 Malang dan (2) mendeskripsikan respon siswa siswa setelah dilatih menulis menggunakan media permainan Walking Box. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi berupa aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran keterampilan menulis dengan menggunakan media permainan Walking Box dan hasil wawancara dengan siswa berupa respons siswa mengenai penerapan media permainan Walking Box pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Mandarin. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan permainan Walking Box siswa menjadi lebih aktif dan semangat dalam menulis. Selain itu permainan Walking Box mempermudah siswa dalam membuat kalimat. Hal tersebut ditunjukkan pada tulisan siswa di kartu yang telah di tulis di papan bahwa siswa dapat membuat kalimat berbahasa Mandarin dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan Walking Box dapat diterapkan pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Mandarin. Media permainan ini dapat membantu siswa berpikir luas dan menambah wawasan dalam menulis. Selain itu siswa juga menjadi lebih aktif dan senang dalam mengikuti kegiatan pembelajaran bahasa Mandarin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122897

Actions (login required)

View Item View Item