Puspitasari, Warda Putri (2019) Penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw untuk melatih keterampilan menulis hanzi siswa kelas X LMT 1 SMAN 2 Malang / Warda Putri Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Puspitasari Warda Putri. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Melatih Keterampilan Menulis Hanzi Siswa Kelas X LMT 1 SMAN 2 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin. Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sawitri Retnantiti M.Pd. Kata kunci model pembelajaran jigsaw menulis hanzi urutan guratan hanzi kelompok ahli kelompok inti. Model pembelajaran kooperatif jigsaw adalah model pembelajaran yang baik untuk empat keterampilan berbahasa termasuk menulis. Dengan menggunakan metode pembelajaran jigsaw siswa kelas X LMT 1 SMAN 2 Malang membentuk dua jenis kelompok yaitu tiga kelompok inti dan empat kelompok ahli. Dalam penelitian ini siswa bekerja secara kooperatif untuk berdiskusi menemukan cara menghafal hanzi dan urutan guratan di kelompok ahli kemudian siswa kembali ke kelompok inti untuk menjelaskan hasil diskusi di kelompok ahli. Penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif jigsaw untuk keterampilan menulis hanzi ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran untuk keterampilan menulis hanzi dan urutan guratan siswa kelas X LMT 1 dan nilai dikte siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah tiga dari empat kelompok ahli merasa mudah dalam menemukan cara menghafal hanzi dan urutan guratannya satu dari dua kelompok inti dapat saling menjelaskan hasil diskusi yang dibahas di kelompok ahli. Cara siswa menghafal hanzi dan urutan guratan adalah dengan menginajinasikan/menganalogikan hanzi dengan benda. Penilaian pada hasil dikte siswa adalah nilai urutan guratan hanzi dan nilai menulis hanzi. Melalui diskusi kelompok inti lima dari sepuluh siswa mendapatkan nilai maksimal pada nilai menulis urutan guratan hanzi dan delapan dari sepuluh siswa mendapatkan nilai maksimal pada nilai menulis hanzi. Melalui diskusi kelompok ahli enam dari sepuluh orang siswa mendapatkan nilai maksimal pada nilai urutan guratan hanzi delapan dari sepuluh orang siswa mendapat nilai maksimal pada nilai menulis hanzi dan empat dari sepuluh orang mendapat nilai maksimal pada nilai urutan guratan hanzi dan menulis hanzi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/122895 |
Actions (login required)
View Item |