Penerapan media pembelajaran kreises brett dengan tema Gegenstande in der schule bagi siswa kelas X Bahasa SMAN 9 Malang / Ester Putri Prameswari

Prameswari, Ester Putri (2019) Penerapan media pembelajaran kreises brett dengan tema Gegenstande in der schule bagi siswa kelas X Bahasa SMAN 9 Malang / Ester Putri Prameswari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Prameswari, Ester Putri. 2019. Penerapan Media Pembelajaran Kreises Brett dengan Tema Gegenstände in der Schule Bagi Siswa Kelas X Bahasa SMAN 9 Malang. Skripsi, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sawitri Retnantiti, M.Pd. Kata Kunci: Media pembelajaran, media Kreisen Brett, tema Gegenstände in der Schule, Artikel. Media pembelajaran merupakan media yang dapat digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran. Kreises Brett merupakan salah satu media yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran. Media tersebut dapat digunakan khususnya untuk membantu siswa menghafal Artikel pada tema Gegenstände in der Schule Media Kreises Brett diterapkan pada saat guru selesai menjelaskan materi dan digunakan sebagai alat untuk siswa berlatih dalam menghafal Artikel dari benda-benda pada materi Gegenstände in der Schule. Media ini terdiri dari dua buah lingkaran, yaitu lingkaran besar dan lingkaran kecil. Pada lingkaran besar terdapat gambar benda-benda yang ada pada tema Gegenstände in der Schule dan pada lingkaran kecil terdapat angka. Media ini juga dilengkapi dua macam kartu soal, kartu soal berwarna merah muda untuk soal unbestimmter Artikel dan kartu soal kuning untuk soal bestimmter Artikel. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan serta mengetahui respon siswa terhadap penerapan media Kreises Brett dalam pembelajaran bahasa Jerman pada tema Gegenstände in der Schule di SMA Negeri 9 Malang. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah 25 siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 9 Malang. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, kuesioner siswa, dan latihan soal yang dikerjakan oleh siswa. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya media Kreises Brett siswa merasa terbantu dan lebih antusias selama pembelajaran. Siswa juga menunjukkan respons yang baik selama pembelajaran dengan menggunakan media Kreisen Brett. Media ini dapat membantu siswa untuk menghafal Artikel setiap benda yang terdapat pada tema Gegenstände in der Schule. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa media Kreises Brett dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122861

Actions (login required)

View Item View Item