Pengembangan media komik strip sebagai media pembelajaran bahasa Jerman untuk tema Essen und Trinken siswa kelas XI MAN 1 Malang / Reza Dwi Hariyanti

Hariyanti, Reza Dwi (2019) Pengembangan media komik strip sebagai media pembelajaran bahasa Jerman untuk tema Essen und Trinken siswa kelas XI MAN 1 Malang / Reza Dwi Hariyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hariyanti, Reza Dwi. 2019. Pengembangan Komik Strip sebagai Media Pembelajaran Bahasa Jerman untuk Tema Essen und Trinken Siswa Kelas XI MAN 1 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Tiksno Widyatmoko, M.A. Kata kunci: media pembelajaran, komik strip, pembelajaran bahasa Jerman Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan komik strip sebagai media pembelajaran pada pembelajaran bahasa Jerman siswa kelas XI MAN 1 kota Malang. Komik strip dikembangkan untuk menunjang pembelajaran bahasa Jerman kelas XI untuk tema Essen und Trinken. Komik strip ini menggunakan bahasa Jerman tingkat A1 berdasarkan GER. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan Richey, Klein, and Nelson tipe satu. Komik strip telah divalidasi oleh dua validator yaitu, ahli materi dan ahli media. Media ini telah diuji coba pada siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 36 siswa dan diamati oleh dua observer. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan instrumen angket validasi, lembar observasi serta dokumentasi. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa komik strip layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat membantu guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Jerman kelas XI. Siswa juga antusias dalam menggunakan komik strip pada pembelajaran bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122857

Actions (login required)

View Item View Item