Pengembangan media permainan Wie Spat Ist Es? untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas X Bahasa di SMAN 9 Malang / Aida Trieva Kirana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media permainan Wie Spat Ist Es? untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas X Bahasa di SMAN 9 Malang / Aida Trieva Kirana

Kirana, Aida Trieva (2020) Pengembangan media permainan Wie Spat Ist Es? untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas X Bahasa di SMAN 9 Malang / Aida Trieva Kirana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kirana Aida Trieva. 2019. Pengembangan Media Permainan Wie sp t ist es Untuk Melatih Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas X Bahasa Di SMAN 9 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Lilis Afifah S.Pd. M.Pd. Kata kunci media permainan Wie sp t ist es keterampilan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media permainan yang diberi nama Wie sp t ist es sebagai penunjang pembelajaran bahasa Jerman untuk siswa kelas X Bahasa di SMAN 9 Malang. Materi yang disajikan pada media permainan ini adalah Uhrzeit. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model penelitian 4D yang di dalamnya terdiri dari mendefinisikan (define) desain (design) mengembangkan (develop) dan menyebarluaskan (disseminate). Media permainan Wie sp t ist es telah melalui tahap validasi yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi serta diujicobakan kepada siswa kelas X Bahasa SMAN 9 Malang yang berjumlah 30 orang. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar angket untuk validator dan lembar observasi untuk observer. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa hasil pengisian angket terbuka oleh ahli media dan ahli materi serta hasil observasi dari uji coba produk. Data tersebut dianalisis secara kualitatif dan selanjutnya dijelaskan dalam bentuk deskripsi. Hasil pengisian angket terbuka dan hasil observasi menunjukkan bahwa media permainan Wie sp t ist es layak digunakan sebagai penunjang pembelajaran bahasa Jerman untuk siswa kelas X khususnya pada materi Uhrzeit. Media permainan Wie sp t ist es dinyatakan menarik untuk digunakan dalam pembelajaran dan mampu menjadi perantara untuk menyampaikan materi yang menyenangkan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122844

Actions (login required)

View Item View Item