Penggunaan model word square dan efektivitasnya dalam pembelajaran mufradat siswa SMP Islam Adabiyah Pondok Al-Baar Banaat Bangkalan / Juairyah Sirril Musyahadah

Musyahadah, Juairyah Sirril (2019) Penggunaan model word square dan efektivitasnya dalam pembelajaran mufradat siswa SMP Islam Adabiyah Pondok Al-Baar Banaat Bangkalan / Juairyah Sirril Musyahadah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sirril Musyahadah, Juairyah. 2019. Penggunaan Model Word Square dan Efektivitasnya dalam Pembelajaran Mufradat Siswa SMP Islam Adabiyah Al-Baar Banaat Bangkalan. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Program S1 Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Dosen pembimbing : (1) Dr. Moh. Khasairi, M.Pd, (2) Dr. Muhammad Alfan, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Model Word Square, Mufradat, SMP Islam Adabiyah Penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti ini berangkat dari permasalahan yang ditemukan selama melakukan kegiatan observasi, wawancara, dan penyebaran angket, yaitu kurangnya minat siswa dalam belajar bahasa Arab sehingga siswa merasa kesulitan dalam mengejar materi yang diajarkan oleh guru khususnya dalam pembelajaran Mufradat, dan rendahnya skor siswa saat pelaksanaan pre-test atau sebelum diterapkannya model Word Square. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Penerapan model Word Square dalam pembelajaran Mufradat siswa SMP Islam Adabiyah, 2) Peningkatan kemampuan siswa SMP Islam Adabiyah setelah penerapan model Word Square, dan 3) Keaktifan siswa SMP Islam Adabiyah dalam pembelajaran Mufradat menggunakan model Word Square. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Tahap-tahap penelitian meliputi : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (implementasi), (3) pengamatan observasi), dan (4) refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik, yaitu : (1) wawancara,(2) observasi, (3) tes, (4) angket, dan (5) dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) langkah-langkah yang diterapkan adalah sebagai berikut : a) guru menyampaikan materi sesuai topik yang dibahas, b) guru menyusun media pembelajaran Word Square yang terdiri atas kumpulan huruf acak yang menghimpun beberapa mufradat dalam lembar kerja siswa atau media kertas karton, c) siswa menjawab soal dan menemukan jawabannya di media Word Square, d) guru dan siswa membuat kesimpulan bersama-sama. (2) penerapan model Word Square mampu meningkatkan kemampuan Mufradat siswa. Hal ini terbukti dengan meningkatnya skor siswa sejak pra tindakan sampai tindakan siklus II, yaitu kurang untuk pre-test, cukup untuk post-test I, dan baik untuk post test II. (3) penerapan model Word Square dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan 11 siswa mendapat predikat “Amat baik” dan 18 siswa mendapat predikat “Baik”. Disarankan untuk peneliti lain agar menjadikan penelitian ini sebagai acuan atau rujukan dalam mengembangkan penelitian lain yang sejenis. Disarankan juga untuk guru bahasa Arab agar lebih aktif dan kreatif dalam mengajarkan Mufradat, salah satunya dengan cara menerapkan model pembelajaran Word Square dan memodifikasi langkah-langkah pembelajarannya agar lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122834

Actions (login required)

View Item View Item