Jinas dan saja' dalam al-Qur'an juz 27 dan penerapannya dalam pembelajaran balaghah / Imaji Insani Panuntun Generasi - Repositori Universitas Negeri Malang

Jinas dan saja' dalam al-Qur'an juz 27 dan penerapannya dalam pembelajaran balaghah / Imaji Insani Panuntun Generasi

Generasi, Imaji Insani Panuntun (2019) Jinas dan saja' dalam al-Qur'an juz 27 dan penerapannya dalam pembelajaran balaghah / Imaji Insani Panuntun Generasi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Generasi Imaji Insani Panuntun. 2019. Jinas dan Saja dalam Al-Quran Juz 27 dan Penerapannya dalam Pembelajaran Balaghah. Skripsi Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hanik Mahliatussikah M.Hum (II) Laily Maziyah S.Pd M.Pd. Kata Kunci jinas saja al-Quran dan balaghah Jinas dan saja merupakan keindahan lafadz (muhassinat lafdziyah) dalam ilmu balaghah. Dalam al-Quran juz 27 terdapat surat dengan ayat-ayat pendek dan lafadznya yang berirama sehingga menarik untuk dikaji lebih dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk jenis jinas (2) bentuk jenis saja (3) fungsi jinas (4) fungsi saja (5) penerapan jinas dan saja dalam pembelajaran balaghah. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan dalam penulisan karya ilmiah yang berkaitan dengan unsur-unsur balaghah yang memudahkan mahasiswa dalam pembelajaran jinas dan saja . Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini memanfaatkan sumber kepustakaan untuk memperoleh data penelitiannya kemudian dilakukan menggunakan analisis isi. Sumber data berupa teks Al-Quran juz 27. Data-data yang diperoleh dimasukkan ke dalam tabel analisis kemudian diidenfikasi jenis-jenisnya. Analisis dilakukan secara berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berdasarkan analisis data penelitian dalam Al-Quran juz 27 terdapat sepuluh jenis jinas dengan rincian dua jinas naqis tiga jinas mudhari dan lima jinas lahiq. Ditemukan juga 75 jenis saja dengan rincian 50 saja mutharraf tiga saja murashsha dan 22 saja mutawazi Terdapat fungsi jinas secara umum untuk memperindah bahasa supaya pembaca dan pendengar dapat merasakan keindahannya dan tertarik untuk membaca dan mempelajarinya dan fungsi jinas secara khusus diantaranya (1) jinas naqis terdapat fungsi kognitif komunikatif dan fungsi kognitif (2) jinas mudhari terdapat fungsi kognitif dan fungsi kognitif komunikatif dan (3) jinas lahiq terdapat fungsi kognitif dan fungsi kognitif komunikatif. Sedangkan secara umum saja memiliki fungsi memperindah susunan bahasa untuk memberikan kesan mendalam dan fungsi saja secara khusus diantaranya (1) saja mutharraf terdapat fungsi kognitif fungsi komunikatif dan fungsi kognitif komunikatif (2) saja murashsha terdapat fungsi kognitif dan fungsi komunikatif dan (3) saja mutawazi terdapat fungsi kognitif komunikatif dan fungsi kognitif. Produk berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk matakuliah balaghah. Berdasarkan hasil penelitian dipaparkan beberapa saran diantaranya (1) untuk peneliti sebelumnya disarankan untuk mengembangkan penelitian terkait jinas dan saja dalam Al-Quran juz 27 dan (2) untuk pengajar matakuliah balaghah disarankan merujuk penelitian ini sebagai bahan pembelajaran balaghah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122819

Actions (login required)

View Item View Item