Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks bahasa Arab pada siswa kelas XI Agama MAN 1 Malang / Mohammad Ilyas Salim Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks bahasa Arab pada siswa kelas XI Agama MAN 1 Malang / Mohammad Ilyas Salim Hidayat

Hidayat, Mohammad Ilyas Salim (2019) Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks bahasa Arab pada siswa kelas XI Agama MAN 1 Malang / Mohammad Ilyas Salim Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayat M.I.S. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Membaca Pemahaman Teks Bahasa Arab Pada Siswa Kelas XI Agama MAN 1 Malang. Skripsi Jurusan Sastra Arab Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Dosen pembimbing (1) Dr. Ahmad Munjin Nasih M.Ag (2) Dr. Muhammad Alfan S.Pd M.Pd. Kata Kunci membaca pemahaman model CIRC. Metode pembelajaran qira ah yang digunakan guru di MAN 1 Malang terbatas pada metode ceramah dan problem solving sehingga kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab kurang maksimal. Oleh karena itu penelitian ini mencoba menerapkan model CIRC. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran CIRC untuk meningkatkan membaca pemahaman teks bahasa Arab dan (2) mendeskripsikan peningkatan membaca pemahaman teks bahasa Arab melalui penerapan model CIRC. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus dalam setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Tahap-tahap penelitian meliputi (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) wawancara (2) observasi (3) angket dan (4) tes. Hasil penelitian menyebutkan bahwa penerapan model CIRC untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I belum berjalan maksimal. Hal ini terlihat dari beberapa siswa yang masih kurang berminat mengikuti pembelajaran. Namun pada siklus II permasalahan dapat diperbaiki siswa menjadi lebih antusias dan tertib dalam mengikuti pembelajaran. Dari segi peningkatan hasil belajar diketahui kemampuan pemahaman teks bahasa Arab siswa pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Nilai Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditentukan adalah 75. Berdasarkan pretest dan post test I belum mencapai SKM sedangkan post test II sudah mengalami peningkatan melebihi nilai SKM yang ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian di atas disarankan kepada guru mata pelajaran bahasa Arab sebaiknya lebih mengerti kebutuhan di kelas agar dapat memilih model yang sesuai dan menarik minat belajar siswa dengan mengembangkan model pembelajaran lainnya yang lebih bervariasi agar siswa tidak mudah jenuh dan malas pada saat berlangsungnya pembelajaran bahasa Arab. Kemudian disarankan kepada peneliti lain agar mampu mengembangkan model CIRC supaya langkah-langkahnya lebih bervariasi dan memperhatikan peningkatan pembelajaran dengan mencoba model lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122718

Actions (login required)

View Item View Item