Pengembangan buku cerita bergambar pembelajaran qira'ah siswa kelas IV MI Sunan Gunung Jati, Suku, Malang / Fatkhul Munir

Munir, Fatkhul (2019) Pengembangan buku cerita bergambar pembelajaran qira'ah siswa kelas IV MI Sunan Gunung Jati, Suku, Malang / Fatkhul Munir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Munir, Fatkhul. 2019. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Pembelajaran Qira’ah Siswa Kelas IV Mi Sunan Gunung Jati, Sukun, Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd. (2) Dr. Mohammad Ahsanuddin, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, qira’ah, buku cerita bergambar. Pembelajaran secara umum adalah suatu proses interaksi antara guru dengan siswa. Pembelajaran bahasa Arab di Indonesia kerap kali menemui problematika. Ada dua kategori problematika dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu problem linguistik dan problem non-linguistik. Berdasarkan kategori di atas ditemukan dua problem pembelajaran bahasa Arab di MI Sunan Gunung Jati, Sukun, Malang setelah dilakukan wawancara terhadap guru pengajar Bahasa Arab. Kedua problem tersebut termasuk dalam problem linguistik dan non-linguistik yaitu ashwat al-arabiyah dan motivasi dan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan proses dan produk pengembangan buku cerita bergambar untuk pembelajaran maharah qira’ah siswa kelas IV MI Sunan Gunung Jati, Sukun, Malang, (2) mendeskripsikan model penggunaan buku cerita bergambar untuk pembelajaran maharah qira’ah siswa kelas IV MI Sunan Gunung Jati, Sukun, Malang, dan (3) mendeskripsikan kelayakan buku cerita bergambar untuk pembelajaran maharah qira’ah siswa kelas IV MI Sunan Gunung Jati, Sukun, Malang. Model pengembangan yang digunakan adalah model penelitian yang dikemukakan oleh Borg & Gall. Subjek uji coba produk dan sumber data dalam penelitian ini adalah validator materi, validator media, guru pengajar, dan siswa kelas IV MI Sunan Gunung Jati, Sukun, Malang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) proses pengembangan media terdiri atas 5 tahapan, yaitu riset dan pengumpulan informasi, pengembangan produk buku cerita bergambar, uji produk, revisi, dan produk akhir buku cerita bergambar (2) model penggunaan buku cerita bergambar terdiri atas 2 model yaitu, sebagai media pembelajaran dan sebagai bahan pembelajaran kooperatif, langkah penggunaannya diawali dengan guru membaca bacaan dengan baik dan benar, siswa menirukan bacaan guru, siswa bertanya tentang kata/kalimat yang sulit, guru menjelaskan kata/kalimat dan memberikan penguatan, siswa mengerjakan latihan soal, dan guru bersama siswa membahas latihan soal, (3) produk ini dinyatakan layak dengan persentase kelayakan 89,6 %. Dari hasil penelitian ini, dikemukakan beberapa saran: (1) peneliti merekomendasikan kepada guru dan siswa untuk menggunakan media di dalam pembelajaran bahasa Arab sesuai dengan materi yang sedang dipelajari, (2) peneliti merekomendasikan kepada guru untuk menggunakan media pada maharah lainnya, (3) Bagi peneliti atau pengembang lain selanjutnya yang ingin mengembangkan media serupa hendaknya membahas materi atau maharah lainnya yang belum termuat dalam media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122714

Actions (login required)

View Item View Item