Penerapan metode peer teaching untuk meningkatkan kemahiran membaca teks bahasa Arab (maharah qira'ah) siswa kelas V A MI Plus Al-Azhar Wlingi Kabupaten Blitar / Qoni'atul Lathifah

Lathifah, Qoni'atul (2019) Penerapan metode peer teaching untuk meningkatkan kemahiran membaca teks bahasa Arab (maharah qira'ah) siswa kelas V A MI Plus Al-Azhar Wlingi Kabupaten Blitar / Qoni'atul Lathifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lathifah, Qoni’atul. 2019. Penerapan Metode Peer Teaching untuk Meningkatkan Kemahiran Membaca Teks Bahasa Arab (Maharah Qira’ah) Siswa Kelas V A MI Plus Al-Azhar Wlingi Kabupaten Blitar. Skripsi. Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurhidayati, M.Pd. (II) Dra. Nur Anisah Ridwan, M.Pd. Kata Kunci: Peer Teaching, kemahiran membaca, bahasa Arab Data Penilaian Akhir Semester I menunjukkan bahwasanya hasil belajar mata pelajaran Bahasa Arab siswa kelas V A MI Plus Al-Azhar berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Didukung pula dengan hasil tes awal yang dilaksanakan pada 26 Maret 2019 untuk siswa kelas V A tergolong rendah. Masalah yang terdapat dalam pembelajaran adalah siswa kurang terbiasa untuk bertanya kepada guru dan ketidakmampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab. Sedangkan masalah dari segi pengajar adalah kurangnya variasi teknik dan metode dalam pembelajaran. Metode pembelajaran peer teaching yang menerapkan siswa yang mampu untuk memimpin diskusi dalam belajar dianggap mampu menyelesaikan permasalah ini. Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran dengan menerapkan metode Peer Teaching dalam pembelajaran kemahiran membaca teks bahasa Arab, (2) pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode Peer Teaching dalam pembelajaran kemahiran membaca teks bahasa Arab, dan (3) peningkatan hasil belajar kemahiran membaca teks bahasa Arab dengan menerapkan metode Peer Teaching pada siswa kelas V A MI Plus Al-Azhar Wlingi Kabupaten Blitar. Metode pembelajaran Peer Teaching Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam dua siklus. Pada tiap siklus penelitian yang dilaksanakan, terdapat perencanaan pembelajaran, penerapan metode pembelajaran dan test di akhir siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V A MI Plus Al-Azhar Wlingi Kabupaten Blitar tahun ajaran 2018/2019, sebanyak 27 orang siswa. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan penerapan metode Peer Teaching pada kemahiran membaca teks bahasa Arab kelas V A MI Plus Al-Azhar Wlingi Kabupaten Blitar memiliki tiga tahapan utama, yakni (1) tahap perencanaan, (3) tahap pelaksanaan dan (3) tahap evaluasi. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwasanya metode pembelajaran Peer Teaching dapat meningkatkan hasil belajar kemahiran membaca teks bahasa Arab siswa kelas V A MI Plus Al-Azhar. Saran dari penelitian ini bagi (1) kepala sekolah untuk memfasilitasi bagi guru dalam menerapkan metode Peer Teaching dalam pembelajaran dengan perencanaan yang matang, (2) guru sebagai solusi dalam pengadaan variasi pada pembelajaran, dan (3) peneliti selanjutnya agar penelitian ini dapat dikembangkan kembali dengan kemahiran berbahasa lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122713

Actions (login required)

View Item View Item