Penggunaan media scrap box untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V SDIT Pelita Harapan Umat Dau Malang / Aimmatul Mufidah

Mufidah, Aimmatul (2019) Penggunaan media scrap box untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V SDIT Pelita Harapan Umat Dau Malang / Aimmatul Mufidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mufidah, Aimmatul. 2019. Penggunaan Media Scrap Box untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab SDIT Pelita Harapan Umat Dau Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Muhaiban (II) Dra. Nur Anisah Ridwan, M.Pd Kata Kunci: penguasaan kosakata, bahasa Arab, media pembelajaran, media scrap box, Kosakata merupakan salah satu komponen dalam pembelajaran bahasa. Sehingga perbendaharaan kosakata yang banyak pada awal pembelajaran bahasa asing akan memudahkan individu dalam berkomunikasi dengan seseorang yang memiliki kemampuan bahasa yang sama. Penelitian ini berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang menunjukkan minimnya penguasaan kosakata bahasa Arab para siswa serta kurangnya minat siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Hal ini dilihat dari hasil pretest yang menunjukkan bahwa hanya dua dari 11 siswa yang lulus mengerjakan soal pretest, siswa beranggapan bahwa bahasa Arab itu sulit dan membosankan, media yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran juga tidak ada. Sehingga melalui penelitian dengan menggunakan media scrap box ini permasalahan tersebut dapat diatasi, khususnya dalam peningkatan hasil belajar penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas V SDIT PHU. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) penggunaan media scrap box untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa dan (2) efektivitas penggunaan media scrap box untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V SDIT Pelita Harapan Umat Dau Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bahasa Arab dan siswa kelas V SDIT Pelita Harapan Umat Dau Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan teknik presentase sederhana untuk hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDIT Pelita Harapan Umat Dau Malang yang berjumlah 11 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan media Scrap box dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab siswa kelas V SDIT Pelita Harapan Umat (PHU) terlaksana sesuai langkah-langkah pembelajaran dalam rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP), (2) dengan menggunakan media Scrap box penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V SDIT PHU Dau Malang mengalami peningkatan dari hasil pretest dengan presentase 40,09% dalam kategori kurang, kemudian evaluasi postest siklus I dengan presentase 73% dalam kategori baik, dan semakin meningkat pada evaluasi postest II dengan presentase 87,81% dalam kategori baik sekali. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media scrap box dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas V SDIT PHU Dau Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122705

Actions (login required)

View Item View Item