Using word wall activities to improve the tenth graders' vocabulary mastery for their reading comprehension / Lely Kuntarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Using word wall activities to improve the tenth graders' vocabulary mastery for their reading comprehension / Lely Kuntarti

Kuntarti, Lely (2019) Using word wall activities to improve the tenth graders' vocabulary mastery for their reading comprehension / Lely Kuntarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kuntarti Lely. 2019. Menggunakan Word Wall Activities untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Murid-murid kelas X Terhadap Pemahaman Membaca Mereka. Skripsi Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Nur Hayati S. Pd. M. Ed. (II) Rahmati Putri Yaniafari S. Pd. M. Pd. Kata Kunci Word Wall Activities penguasaan kosakata pemahaman membaca Kosakata adalah salah satu elemen penting dalam mengembangkan kemahiran bahasa. Dengan enguasaan kosa kata yang tidak memadai siswa tidak akan mampu menguasai empat keterampilan bahasa (mendengarkan berbicara membaca dan menulis). Dalam studi pendahuluan di kelas X MIPA-2 SMAN 1 Sutojayan peneliti menemukan bahwa siswa memiliki nilai yang cukup rendah dalam membaca karena mereka kurang dalam hal penguasaan kosakata. Mereka kesulitan umtuk memahami isi teks saat ujian. Dari hasil pretest membaca yang diberikan kepada siswa tidak ada (0%) dari siswa yang dapat lulus tes yang mana tidak ada siswa mamapu memperoleh nilai 75 (KKM) ke atas. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian dengan strategi Word Wall Activities sebagai solusi untuk membantu siswa meningkatkan penguasaan kosakata mereka. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan dengan cara berkolaborasi dengan guru bahasa Inggris. Tahap-tahap tersebut meliputi perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Seperti yang dijelaskan sebelumnya peneliti melakukan studi pendahuluan sebelum melewati tahap-tahap tersebut untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi pada siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA-2. Ada 36 siswa di kelas 26 perempuan dan 10 laki-laki. Alokasi waktu pelajaran adalah 2x40 menit di setiap pertemuan. Penelitian dilakukan dalam tiga pertemuan. Data yang digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman membaca siswa adalah dua jenis tes membaca yakni pretest dan posttest. Peneliti juga menggunakan instrument seperti tabel observasi kuesioner catatan lapangan dan panduan wawancara guru untuk mengetahui bagaimana proses belajar mengajar dilakukan. Dalam menerapkan strategi ini peneliti memilih beberapa kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan tersebut berupa mystery words bingo cards musical words visual representations missing words dan word relationships. Kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan agar siswa berpartisipsi aktif di dalam kelas. Dalam setiap pertemuan peneliti memberikan 10 kata baru yang terkait dengan materi. Para siswa juga diberi kesempatan untuk menambahkan lebih banyak kata. Kata-kata ini di tempel di media dinding di dalam kelas yang dapat dilihat dari area tempat duduk semua siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Word Wall Activities berhasil meningkatkan kosakata siswa dalam konteks teks recount. Dua puluh empat dari 36 siswa atau 66% lulus kriteria minimum yaitu 75 ketika mereka diberi tes pada akhir penelitian. Skor rata-rata siswa yang pada awalnya 59 5 meningkat menjadi 76 9. Para siswa juga memberikan respon positif terhadap implementasi Word Wall Activities. Berdasarkan jawaban siswa dalam kuesioner sebagian besar siswa menyatakan bahwa Word Wall Activities yang didukung oleh media dinding menarik menyenangkan dan bermanfaat. Hasil penelitian ini memungkinkan guru Bahasa Inggris untuk menyediakan materi yang lebih baik dengan memberikan batasan pada topik dan memberikan pilihan bagi mereka untuk mengajar kosa kata dengan cara yang menyenangkan. Selain itu hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi dan masukan bagi peneliti masa depan yang ingin melakukan studi serupa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122459

Actions (login required)

View Item View Item