Using the animated videos in three-phase technique to improve seventh graders' listening comprehension / Adillah Elifta Rahma - Repositori Universitas Negeri Malang

Using the animated videos in three-phase technique to improve seventh graders' listening comprehension / Adillah Elifta Rahma

Rahma, Adillah Elifta (2019) Using the animated videos in three-phase technique to improve seventh graders' listening comprehension / Adillah Elifta Rahma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rahma Adillah Elifta. 2019. Penggunaan Video Animasi dalam Teknik Three-Phase untuk Meningkatkan Pemahaman Menyimak Siswa Kelas VII. Skripsi Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Francisca Maria Ivone M.A. Ph.D (2) Dra. Nunung Suryati M.Ed. Ph.D. Keywords Pemahaman Menyimak Video Animasi Dibandingkan dengan keterampilan berbicara membaca dan menulis menguasai keterampilan menyimak merupakan modal penting untuk mempelajari Bahasa Inggris. Sayangnya keterampilan menyimak masih menjadi momok bagi beberapa siswa khususnya siswa kelas VII-H di SMPN 12 Malang. Saat melaksanakan PPL peneliti menemukan beberapa kendalah dalam keterampilan menyimak yang dihadapi siswa yaitu ketidakmampuan untuk memahami pembicara dalam media menyimak yang terlalu cepat ketidakmampuan untuk mengenali kata homofon dan rendahnya motivasi siswa dalam kegiatan menyimak didalam kelas. Kendala-kendala ini disebabkan oleh beberapa factor yaitu keterampilan menyimak yang jarang diajarkan dalam pembelajaran Bahasa Inggris Guru Bahasa Inggris yang masih menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam mengajar dan media pembelajaran yang kurang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman menyimak siswa kelas VII-H di SMPN 12 Malang pada Tahun Ajaran 2018/2019 dengan menggunakan video animasi. Video animasi yang berdurasi kurang dari lima menit ini dipilih berdasarkan silabus Kompetensi Dasar 3.7 dan 4.7 tentang teks deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini merupakan 30 siswa kelas VII-H yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Peneliti melaksanakan penelitian ini dalam satu siklus dikarenakan akhir dari siklus satu sudah memenuhi target dari kriteria ketuntasan. Penelitian ini menggunakan beberapa intrumen untuk mengumpulkan data yaitu nilai menyimak siswa sebagai data kuantitaif sedangkan checklist observasi catatan lapangan dan kuesioner untuk siswa sebagai data kualitatif. Dalam kegiatan pembelajara penilitian ini menggunakan teknik Three-Phase yang terdiri atas tiga fase yaitu fase pre-listening fase while-listening dan fase post-listening. Dalam ketiga fase para siswa selalu diberikan tugas untuk dikerjakan. Pada fase pre-listening peneliti berfokus pada penambahan kosakata siswa dengan pemberian kata-kata penting. Pada while-listening para siswa diberi kesempatan untuk menonton video animasi untuk membantu siswa dalam lebih memahami topik serta meningkatkan motivasi belajar mereka lewat gambar yang menarik. Sedangkan pada fase post-listening peneliti mendiskusikan topic yang telah dibahas bersama dengan siswa. Pada penelitian ini penggunaan video animasi dinyatakan telah berhasil untuk meningkatkan pemahaman menyimak siswa. Ditambah lagi siswa juga menunjukkan respon yang positif terhadap penerapan strategi ini. Hal ini dibuktikan dengan nilai akhir semua siswa (100%) pada final test naik 10 angka daripada nilai mereka pada preliminary test. Prosentase dari siswa yang mendapatkan nilai diatas 75 lebih tinggi pada final test yaitu sejumlah 97% (29 siswa) dibandingkan prosentase pada preliminary test hanya sejumlah 30% (9 siswa). Terlebih lagi para siswa juga menunjukkan respon yang positif terhadap penerapan video animasi. Untuk mengaplikasikan penggunaan video animasi secara efektif Guru Bahasa Inggris dan juga para calon peneliti diharapkan untuk memperhatikan beberapa saran dari peneliti. Untuk Guru Bahasa Inggris diharapkan untuk mengikuti beberapa langkah yaitu memilih video animasi yang tepat dan juga mengawasi dengan saksama jalannya kegiatan pembelajaran menggunakan teknik Three-Phase. Sedangkan untuk calon peneliti perlu diingat untuk mengetahui masing-masing karakter dan kemampuan Bahasa Inggris mereka dengan sangat baik dan juga mereka dapat mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan jenis penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122458

Actions (login required)

View Item View Item