Investigating pre-service teachers' efficacy level and factors influencing it / Deby Farhadiba - Repositori Universitas Negeri Malang

Investigating pre-service teachers' efficacy level and factors influencing it / Deby Farhadiba

Farhadiba, Deby (2019) Investigating pre-service teachers' efficacy level and factors influencing it / Deby Farhadiba. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Farhadiba Deby. 2019. Efikasi Diri pada Calon Guru dan Faktor yang Mempengaruhinya. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Anik Nunuk Wulyani S.Pd. M.Pd. Ph.D. (II) Drs. Andi Muhtar M.A. Kata kunci calon guru efikasi guru keterlibatan siswa strategi instruksional Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efikasi dan faktor yang mempengaruhinya pada mahasiswa angkatan 2015 program studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Malang. Efikasi guru memiliki pengaruh yang penting pada performa mengajar guru. Guru yang memiliki efikasi diri yang tinggi cenderung lebih gigih dan ulet dalam membantu siswa meningkatkan kemampuan mereka. Guru yang memiliki efikasi diri yang tinggi juga cenderung menekankan interaksi siswa dan otonomi pembelajaran. Dengan mengetahui tingkat efikasi diri calon guru diharapakan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan pedagogis yang mereka miliki. Jika mereka terbiasa mengembangkan kemampuan mereka sejak awal mereka akan terbiasa untuk terus mengembangkan dan mempertahankan kemampuan mereka bahkan ketika mereka sudah menjadi guru. Desain penelitian ini ialah metode campuran sekuensial eksplanatori. Data kualitatif pada penelitian ini digunakan untuk mendukung dan melengkapi data kuantitatif yang sudah dikumpulkan. Data kuantitaif pada penelitian ini yaitu tentang tingkat efikasi pada calon guru. Data tentang efikasi guru dikumpulkan menggunakan kuesioner yang diadaptasi dari Teacher Self-Efficacy Scale oleh Tschannen-Moran dan Woolfolk Hoy (2001). Data kuantitatif dikumpulkan melalui wawancara. Subjek penelitian dipilih menggunakan metode convenience sampling. 41 calon guru berpartisipasi dalam penelitian ini dengan mengisi kuesioner penelitian. Kemudian enam calon guru bersedia untuk mengikuti wawancara untuk menindaklanjuti data yang didapat dari kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efikasi guru pada subjek penelitian yaitu 3.31 dari 5 skala. Tingkat efikasi guru mereka berada sedikit di atas nilai tengah dari 5 skala penilaian. Hal itu mengindikasikan bahwa mereka percaya kemampuan yang mereka miliki dapat membuat beberapa perubahan dalam pembelajaran siswa. Para calon guru menilai kemampuan mereka paling tinggi di strategi instruksional (3 41) dan menilai paling rendah dalam melibatkan siswa dalam pembelajaran (3 16). Terdapat empat faktor penting yang mempengaruhi efikasi guru pada subjek penelitian. Empat faktor tersebut yaitu pengalaman mengajar dalam kelas formal maupun informal saran dan dukungan dari guru yang lebih berpengalaman observasi performa mengajar sesama guru dan kemampuan berbahasa Inggris. Dapat disimpulkan bahwa calon guru ini yakin kemampuan meeka dapat membuat beberapa perubahan dalam pembelajaran siswa. Mereka diyakini menilai kemampuan mereka dengan realistis. Hal tersebut dikarenakan mereka telah memiliki pengalaman mengajar secara langsung. Berdasarkan temuan tentang faktor yang mempengaruhi efikasi diri sangat penting bagi calon guru untuk mendapatkan bimbingan dan saran dari guru dan dosen terutama saat mereka melakukan praktik mengajar di sekolah. Calon guru juga disarankan untuk terus meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan pedagogis mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122457

Actions (login required)

View Item View Item