Strategy of learning speaking skill by successful English debates / Eka Nurcahyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategy of learning speaking skill by successful English debates / Eka Nurcahyaningsih

Nurcahyaningsih, Eka (2019) Strategy of learning speaking skill by successful English debates / Eka Nurcahyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nurcahyaningsih Eka. 2019. Strategi Belajar Kemampuan Berbicara oleh Debaters Berprestasi. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris. Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Niamika El Khoiri S.Pd. M.A. (II) Nur Hayati S.Pd. M.Ed. Keywords Strategi belajar bahasa speaking debaters berprestasi Kemampuan berbicara bahasa Inggris penting untuk dikuasai. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan adalah strategi belajar bahasa yang digunakan. Debaters berprestasi memiliki kemampuan speaking tinggi dan berbagai prestasi dimungkinkan menggunakan strategi belajar bahasa bervariasi dan menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah memberikan deskripsi mendalam mengenai strategi yang digunakan subjek untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris. Hal ini diharapkan untuk memberikan alternatif bagi pebelajar untuk menerapkan strategi belajar bahasa. Studi kasus ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek merupakan debaters berprestasi dan berpengalaman. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan interview untuk mendapatkan data yang valid dan kaya. Berdasarkan hasil analisis data strategi belajar kognitif dan kompensasi paling sering digunakan. Intensitas penggunaan yg lebih rendah adalah strategi sosial dan kognitif sedangkan strategi afektif dan memori merupakan strategi yang memiliki intensitas penggunaan terendah. Terdapat beberapa aktivitas pada setiap kelompok strategi. Strategi kognitif menonton film dan video debat mendengarkan lagu dan podcast membaca artikel dan novel menulis ringkasan dan blog. Strategi kompensasi menerka menggunakan sinonim dan gerak tubuh. Strategi sosial praktik dengan teman pembicara yang lebih handal dan meminta koreksi. Strategi metakognitif evaluasi belajar memperbanyak penggunaan membuat tujuan dan jadwal latihan. Strategi afektif membangun pemikiran positif dorongan pribadi dan pemberian reward. Strategi memori jurnal kosa kata menghafal kata dan konteks dan membuat kalimat. Penggunaan strategi belajar bahasa terbukti memberikan efek positif terhadap kemampuan speaking responden dalam penelitian ini. Terdapat beberapa faktor yang dibutuhkan dalam penggunaan strategi seperti lingkungan yang mendukung dan motivasi belajar. Beberapa faktor juga mempengaruhi pilihan mereka terhadap strategi belajar seperti latar belakang keluarga dan tingkat kemampuan bahasa. Oleh karena itu pebelajar bahasa asing disarankan untuk memilih strategi belajar bahasa yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Guru bahasa Inggris diharapkan dapat mengarahkan pebelajar untuk menggunakan strategi belajar bahasa yang efektif. Peneliti di waktu mendatang diharapkan dapat melakukan penelitian serupa mengenai penerapan strategi belajar oleh pebelajar yang berhasil dengan parameter berbeda atau bidang keahlian bahasa yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122454

Actions (login required)

View Item View Item