The use of comics to enhance the eight graders' reading comprehension at SMPN 21 Malang / Nabylla Khulwah Citra - Repositori Universitas Negeri Malang

The use of comics to enhance the eight graders' reading comprehension at SMPN 21 Malang / Nabylla Khulwah Citra

Citra, Nabylla Khulwah (2019) The use of comics to enhance the eight graders' reading comprehension at SMPN 21 Malang / Nabylla Khulwah Citra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Citra Nabylla Khulwah. 2019. Penggunaan Komik Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas VIII SMPN 21 Malang. Skripsi Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Utari Praba Astuti M.A. (2) Nunung Suryati M.Ed. Ph.D. Kata Kunci pemahaman membaca komik Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan kelas yang ditemukan di kelas VIII.8 di SMPN 21 Malang. Dalam studi pendahuluan peneliti menemukan bahwa siswa kelas VIII.8 memiliki kesulitan dalam memahami teks berbahasa Inggris. Hal itu terjadi dikarenakan mereka tidak memahami isi teks mereka tidak mengetahui arti kata kata asing dalam teks serta mereka kurang tertarik membaca teks berbahasa Inggris terutama teks yang panjanng. Permasalahan tersebut terungkap dari hasil wawancara dengan guru Bahasa Inggris tes pemahaman membaca dan kuisioner siswa. Peneliti memutuskan untuk menggunakan komik sebagai untuk mengatasi permasalahan tersebut karena komik menyediakan gambar yang menarik dan teks yang sederhana yang dapat membantu siswa dalam memahami teks menerjemahkan arti kata-kata asing yang mereka temukan pada teks dan mendorong mereka untuk membaca teks. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif sebagai desain penelitian dimana peneliti bertindak sebagai guru Bahasa Inggris. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII.8 yang terdiri dari 36 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus yang terdiri dari empat pertemuan. Data yang disajikan dalam penelitian ini diperoleh melalui tes pemahaman membaca kuesioner lembar pengamatan dan wawancara. Data tersebut dianalisis berdasarkan pencapaian kriteria keberhasilan. Pada penelitian ini kriteria keberhasilannya adalah (1) sedikitnya 75% dari siswa kelas VIII.8 SMPN 21 Malang dapat mendapatkan 5 poin pada nilai tes pemahaman membaca mereka di akhir siklus penelitian (2) sedikitnya 75% dari siswa kelas VIII.8 SMPN 21 Malang mempunyai tanggapan positif terhadap penggunaan komik dalam kegiatan reading. Hasil temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan komik pada pemahaman membaca berhasil karena hasil temuannya telah memenuhi kriteria keberhasilan. Pertama semua siswa mencapai 5 poin dalam tes akhir pemahaman bacaan. Kedua lebih dari 90% siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan komik dalam proses belajar mengajar. Selain itu mereka memberikan pendapat yang positif pada kuesioner setelah penerapan komik dan siwa yang terlibat aktif dalam setiap kegiatan selama penerapan. Kesimpulannya penggunaan komik pada kegiatan reading dapat berhasil meningkatkan pemahaman membaca siswa kosakata Bahasa Inggris siswa minat siswa dalam membaca dan juga partisipasi siswa di dalam kelas. Oleh karena itu disarankan bagi guru Bahasa Inggris untuk menggunakan komik sebagai media pembelajaran dalam mengajar reading karena komik adalah media yang menarik untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Serta komik dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris dan partisipasi siswa dalam proses belajar dan mengajar. Selanjutnya disarankan untuk peneliti berikutnya untuk melakukan penelitian menggunakan komik untuk meningkatkan pemahaman membaca pada jenjang pendidikan lainnya. Selain itu mereka dapat melakukan penelitian menggunakan komik untuk meningkatkan ketrampilan bahasa lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122452

Actions (login required)

View Item View Item