Code-mixing used by indonesian online shop sellers and buyers on instagram / Devy Ayu Amalia Mukhtar - Repositori Universitas Negeri Malang

Code-mixing used by indonesian online shop sellers and buyers on instagram / Devy Ayu Amalia Mukhtar

Mukhtar, Devy Ayu Amalia (2019) Code-mixing used by indonesian online shop sellers and buyers on instagram / Devy Ayu Amalia Mukhtar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mukhtar D.A.A. 2016. Code-Mixing Used by Indonesian Online Shop Sellers and Buyers on Instagram. Skripsi Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Aulia Apriana S.S. M.Pd. (II) Dr. Suharyadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci campur kode toko daring Instagram sosiolinguistik Campur kode merupakan salah satu keragaman bahasa yang tidak asing bagi kita. Campur kode sangat mudah ditemui di berbagai macam media sosial baik tertulis ataupun lisan. Internet menjadi media yang sangat diminati oleh masyarakat karena merupakan parameter dari sebuah globalisasi. Salah satu kegunaan internet yang paling diminati adalah untuk melakukan pembelian/pembelanjaan secara online dan salah satu medianya adalah Instagram. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana campur kode digunakan oleh masyarakat melalui internet terutama melalui berbelanja daring menggunakan Instagram. Ada tiga pertanyaan dalam penelitian ini (1) campur kode apa sajakah yang sering digunakan saat berbelanja daring (2) apa sajakah alasan para penggiat belanja daring melakukan campur kode (3) apa saja dampak dari penggunaan campur kode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah 40 deskripsi foto dan komentar-komentar yang didapatkan dari beberapa toko berbasis internet terkemuka di Indonesia yang diambil menggunakan ponsel pintar milik peneliti (peneliti hanya perlu menggunakan fitur screenshot yang ada di ponsel pintar miliknya). Sumber data juga didapatkan dari wawancara singkat yang dilakukan oleh peneliti kepada beberapa pemilik toko online. Hasil temuan menunjukkan bahwa (1) ada beberapa kata atau istilah dalam bahasa Inggris yang sering kali digunakan oleh para penjual dan pembeli saat melakukan pembelanjaan secara daring. (2) peneliti juga menemukan bahwa ada beberapa alasan para pelaku belanja online melakukan kode campur antara lain persuasif mempertahankan kesan global dan unik dari produk dan merupakan simbol dari martabat. (3) campur kode dapat membawa pengaruh seperti mempermudah komunikasi antar para pelaku jual beli menaikkan nilai produk dan menarik lebih banyak perhatian. Dapat disimpulkan bahwa keragaman bahasa ada untuk memperkaya bahasa itu sendiri menyamarkan kesenjangan bahasa dan memfasilitasi komunikasi antar individu dalam masyarakat terutama pada era modern seperti saat ini. Campur kode berperan dalam menjembatani komunikasi antara dua atau lebih bahasa atau budaya yang berbeda. Disarankan bagi para pelaku belanja daring untuk lebih sadar akan kehadiran campur kode dan juga keragaman bahasa lainnya dan untuk peneliti selanjutnya agar menjadikan hasil dari penelitian ini sebagai acuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Sep 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122450

Actions (login required)

View Item View Item