Using comic book as information transfer to improve the skill of writing narrative text in 10th graders of SMAN 5 Malang / Ayda Nur Rohmawati

Rohmawati, Ayda Nur (2019) Using comic book as information transfer to improve the skill of writing narrative text in 10th graders of SMAN 5 Malang / Ayda Nur Rohmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rohmawati, A. N. 2019. Penggunaan Buku Komik sebagai Informasi Transfer untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Malang. Skripsi, Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Andi Muhtar, M.A., (II) Prof. Bambang Y. Cahyono, M.Pd., M.A., Ph.D Kata kunci : Menulis, buku komik, teks naratif Menulis bertujuan mengkomunikasikan ide atau gagasan dalam bentuk tulisan yang mudah dibaca. Berdasarkan hasil dari studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Negeri 5 Malang, ditemukan bahwa siswa di kelas sepuluh bahasa (A1) mengalami kesulitan dalam menulis teks naratif. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya kosa kata dan penggunaan tata bahasa dalam bahasa Inggris. Selain itu, siswa tidak cukup aktif dalam kegiatan menulis. Berdasarkan masalah yang ditemukan pada tes studi awal, buku komik dipilih menjadi salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam teks naratif. Buku komik dipilih untuk mengatasi masalah karena berisi gambar dan aksi yang menarik yang dapat meningkatkan minat siswa ketika mereka membaca ceritanya. Jadi, buku komik sebagai media dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan strategi informasi trasfer yang mana mentransfer informasi dari komik ke bentuk paragraf. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus yang melibatkan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam tiga pertemuan. Penelitian ini berfokus pada nilai menulis siswa, respon siswa terhadap penerapan strategi menggukanan buku komik, dan partisipasi aktif siswa selama pelaksanaan penggunaan strategi. Dalam mengidentifikasi peningkatan siswa dalam menulis teks naratif, wawancara, kuesioner, daftar pengamatan dan catatan lapangan digunakan dalam mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku komik berhasil meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam menulis teks naratif. Kriteria keberhasilan telah tercapai yaitu lebih dari 75% siswa memperoleh skor ≥83 (tingkat “baik”). Meskipun ada 6 siswa tidak melapaui batas kelulusan minimal, tingkat prestasi menulis siswa meningkat dari tingkat “buruk” ke tingkat “baik”. Berdasarkan daftar pengamatan, lebih dari 80% siswa berpartisipasi aktif selama pelaksanaan penelitian ini. Ada beberapa tahapan dalam pengimplementasikan strategi di antaranya brainstorming, silent reading, guiding,dsikusi kelompok, and menampilkan kerja mereka. Siswa juga memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan buku komik sebagai informasi transfer dalam teks naratif. Itu ditunjukkan dalam kuesioner bahwa lebih dari 75% setuju bahwa penggunaan buku komik sebagai informasi transfer dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam menulis teks naratif. Mereka juga setuju bahwa buku komik sangat menarik dan membantu sebagai salah satu media untuk belajar bahasa Inggris terutama dalam teks narasi. Berdasarkan hasil dari pembahasan, penelitian ini telah mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Jadi, bagi guru bahasa Inggris, direkomendasikan menggunakan buku komik untuk digunakan untuk mengajarkan teks naratif di kelas mereka yang telah terbukti dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Untuk peneliti selanjutnya, disarankan untuk menggunakan jenis teks lain yang diimplementasikan ke dalam strip komik dan menggunakan di jenis teks dan teknik yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122444

Actions (login required)

View Item View Item