Exploring 6Cs in english teachers' lesson plan at MTsN 1 Kota Malang / Irly Nurvitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Exploring 6Cs in english teachers' lesson plan at MTsN 1 Kota Malang / Irly Nurvitasari

Nurvitasari, Irly (2020) Exploring 6Cs in english teachers' lesson plan at MTsN 1 Kota Malang / Irly Nurvitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nurvitasari Irly. 2019. Menelaah nilai 6C dalam Rancangan Pelaksanaan Pembelajarannya Guru Bahasa Inggris di MTsN 1 Kota Malang. Skripsi. Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. (II) Dr. Furaidah M.A. Kata Kunci Pendidikan abad ke 21 nilai 6C Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Metode Deskriptif-Kualitatif Dalam pendidikan abad ke-21 guru bahasa Inggris diharapkan mampu mengembangkan kompetensi pengajaran pedagogi mereka dengan menggabungkan 4Cs dalam kegiatan pembelajaran yang biasa disebut dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Keterampilan berpikir tingkat tinggi terdiri dari 4C yang mewakili kreativitas pemikiran kritis kolaboratif dan komunikatif. 2C terbaru telah ditemukan yang juga mendukung keterampilan siswa yang disebut budaya dan etika kewarganegaraan dan konektivitas. Mengintegrasikan 6C dalam pembelajaran bahasa Inggris sangat dianjurkan untuk mereformasi karakter siswa karena siswa tidak hanya menekankan penguasaan dalam bahasa Inggris tetapi juga bagaimana berperilaku dengan benar dan berdaya saing global. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah instrumen penting bagi guru bahasa Inggris sebagai panduan dalam kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dengan menempatkan 6C dalam rencana pelajaran guru Bahasa Inggris diharapkan guru bahasa Inggris mampu mengintegrasikan 6C dalam kegiatan pembelajaran yang telah dikembangkan. Oleh karena itu materi yang diajarkan dan integrasi 6Cs berdasarkan RPP hendaknya bersinergi satu dengan yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah guru bahasa Inggris telah mengintegrasikan 6C dengan media dan metode apa yang akan digunakan berdasarkan tujuan pengajaran dalam RPP serta tantangan yang dihadapi 3 guru bahasa Inggris dalam mengembangkan RPP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif. Untuk memperoleh data pendukung menganalisis dokumentasi mencocokkan indikator yang dikembangkan oleh rubrik penilaian untuk 6C dan langkah-langkah pembelajaran dalam RPP dan sesi wawancara juga dilibatkan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini melibatkan 3 guru bahasa Inggris yang disematkan sebagai Guru A (TA) Guru B (TB) dan Guru C (TC) di MTsN 1 Kota Malang. 3 RPP dari 3 guru bahasa Inggris dianalisis dan dilaporkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 3 guru bahasa Inggris di MTsN 1 Kota Malang masih perlu mengembangkan rencana pelajaran yang mengintegrasikan nilai 6C. Dengan menggunakan rubrik dan checklist yang dikembangkan dari 21st Century Competencies Book (2016) konten RPP dapat dihitung secara kuantitatif. Guru A (TA) mendapat 39 15% Guru B mendapat 26 09% dan Guru C mendapat 65 21%. Secara keseluruhan pengembangan RPP yang terintegrasi 6C masih perlu pengembangan sehingga guru mampu menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122410

Actions (login required)

View Item View Item