Komalig, Fali (2020) English Departments students' perceptions towards Youtube as learning resource for improving listening skills / Fali Komalig. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Komalig Fali. English Department Students Perception towards YouTube as Learning Resource to Improve Listening Skills. Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mirjam Anugerahwati M.A. (II) Nova Ariani S.Pd M.Ed. Kata kunci YouTube menyimak bahasa Inggris mahasiswa Sastra Inggris Internet menyediakan banyak platform belajar yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa dan pengalaman belajar siswa. YouTube adalah situs terkenal yang memungkinan orang-orang untuk mengunggah video menonton dan memberi komentar. Untuk belajar bahasa Inggris tersedia banyak video untuk belajar di YouTube. Dengan menggunakan video YouTube untuk belajar bahasa Inggris siswa dapat belajar di lingkungan yang bermakna dan otentik karena video menyediakan materi yang kaya gambar bahasa non-verbal intonasi dan penggunaan bahasa dalam konteks yang sesuai. Studi ini bertujuan untuk meneliti persepsi mahasiswa Sastra Inggris terkait penggunaan sebagai sumber materi belajar untuk meningkatkan kemampuan menyimak. Untuk mengumpulkan data kuesioner yang digunakan Kelsen (2009) dan Silviyanti (2014) diadaptasi untuk tujuan di penelitian ini. Angket kuesioner diisi oleh 30 mahasiswa Sastra Inggris UM semester lima Universitas Negeri Malang Tahun Akademik 2017/2018. Temuan studi ini menunjukkan bahwa YouTube sangat terkenal di kalangan mahasiswa karena mereka familier dengannya. Mereka mengakses beragam konten YouTube untuk tujuan hiburan dan pendidikan. Hal ini didukung Alhamami (2013) yang menyatakan bahwa YouTube adalah platform belajar yang bagus untuk siswa karena populer dan kaya akan materi bahasa. Mahasiswa di studi ini juga sering mengakses konten berbahasa Inggris di YouTube yang sesuai dengan minat mereka. Mereka melihat bahwa menyimak lewat YouTube meningkatkan kemampuuan menyimak mereka dalam hal kosakata pengenalan kata pelafalan dan pemahaman akan berbagai topic pembicaraan. Hal ini didukung oleh Renandya and Jacobs (2016) bahwa menyimak ekstensif sangat bermanfaat untuk memberi input kebahasaan kosakata dan kemahiran mendengar untuk siswa. Responden juga berpikir bahwa kelas menyimak harus menggunakan banyak materi dari YouTube agar kelas lebih menarik karena tersediabanyak video dengan dukungan visual. Sebagai kesimpulan penelitian ini telah menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki sikap positif terhadap penggunaan YouTube sebagai sumber materi belajar untuk meningkatkan kemampuan menyimak. Oleh karena itu dosen dan guru bahasa Inggris harus menggunakan banyak materi yang relevan dari YouTub euntuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa dan membuat merekv semakin tertarik dalam belajar bahasa Inggris. Hal ini juga harus didukung oleh ketersediaan koneksi internet dengan sinyal yang cepat atau stabil.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Aug 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/122402 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |