Pemetaan kemampuan literasi dasar mahasiswa tingkat akhir Universitas Negeri Malang / Alifin Namash Mahmud - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemetaan kemampuan literasi dasar mahasiswa tingkat akhir Universitas Negeri Malang / Alifin Namash Mahmud

Mahmud, Alifin Namash (2020) Pemetaan kemampuan literasi dasar mahasiswa tingkat akhir Universitas Negeri Malang / Alifin Namash Mahmud. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahmud Namash. Alifin. 2020. Pemetaan Kemampuan Literasi Dasar Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Negeri Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan daerah Jurusan Sastra Indoneia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Martutik M.Pd. Kata Kunci literasi dasar kemampuan literasi dasar pemetaan Kemampuan literasi dasar merupakan kemampuan yang menjadi satu kesatuan dari kemampuan berbahasa yakni kemampuan membaca berpikir dan menulis yang berhubungan dengan kemmpuan berpikir kritis untuk mendapatkan pemahaman yang lengkap atau kompleks terhadap informasi yang didapat. Kemampuan literasi dasar bisa diukur dengan menggunakan tes. Tes yang bisa digunakan untuk mengukur kemampuan literasi dasar yaitu dengan menggunakan tes yang berkaitan dengan kemampuan membaca berpikir dan menulis. Tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan literasi dasar dapat dilakukan dengan enam aspek kegiatan yaitu (1) merangkum teks (2) mengkritik teks (3) membandingkan dua teks (4) membahasakan tabel (5) membuat tampilan visual (6) menyimpulkan teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi dasar mahasiswa tingkat akhir Universitas Negeri Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir Universitas Negeri Malang. Populasi terdiri dari mahasiswa universitas Negeri Malang angkatan 2014 dan 2015. Sampel penelitian ini adalah 390 mahasiswa dari 8 fakultas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian iini adalah tes literasis dasar dan rubrik penilaian. Tahap-tahap analisis data dilakukan dengan lima prosedur yaitu (1) menegelompokkan berdasarkan kegiatan (2) memberikan skor terhadap masing -masing kegiatan (3) menjumlahkan skor semua kegiatan untuk mengetahui total nilai kemampuan literasi dasar (4) memberikan penilaian dengan rentang skor 0-100 untuk kemampuan literasi dasar (5) pengelompokkan skor literasi dasar mahasiswa berdasarkan kategori tingkat kemampuan literasi dasar. Kemudian peneliti bisa menarik kesimpulan berdasarkan paparan data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa tingkat akhir Universitas Negeri Malang dalam merangkum baik dengan nilai rata-rata sebesar 14 9. Kemampuan mahasiswa dalam mengkritik teks baik dengan perolehan nilai rata-rata 13 5. Kemampuan mahasiswa dalam membandingkan dua teks sangat baik dengan peroehaan nilai rata-rata 11 1. Kemampuan mahasiswa dalam membahasakan tabel sangat baik dengan perolehan nilai rata-rata 11. Kemampuan mahasiswa dalam membuat tampilan visual baik dengan perolehan nilai rata-rata 9 1. Kemampuan mahasiswa dalam menyimpulkan teks sangat baik dengan perolehan skor 11 7. Secara keseluruhan kemampuan literasi dasar mahasiswa tingkat akhir Universitas Negeri Malang baik. Dari hasil tes yang terdiri dari enam kegiatan dengan tingkat kesulitan yang berbeda diperoleh nilai rata-rata keseluruhan kegiatan dengan jumlah nilai 71 5. Berdasarkan temuan terkait hasil tes kemampuan literasi dasar mahasiswa yang tergolong baik unutk meningkatkan kemampuan literasi dasar diharapkan dilakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi dasar mahasiswa. Kegiatan yang perlu diupayakan untuk meningkatkan kemampuan literasi dasar mahasiswa seperti mebiasakan membaca dan berdiskusi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122397

Actions (login required)

View Item View Item