Pengembangan permainan sirkuit animove untuk menstimulasi keterampilan motorik kasar anak usia 5-6 tahun / Rahmah Dwi Sistiarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan sirkuit animove untuk menstimulasi keterampilan motorik kasar anak usia 5-6 tahun / Rahmah Dwi Sistiarini

Sistiarini, Rahmah Dwi (2020) Pengembangan permainan sirkuit animove untuk menstimulasi keterampilan motorik kasar anak usia 5-6 tahun / Rahmah Dwi Sistiarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sistiarini Rahmah Dwi. 2020. Pengembangan Permainan Sirkuit Animove Untuk Menstimulasi Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Pramono S.Pd. M.Or (II) Munaisra Tri Tirtaningsih S. Pd. M. Pd. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan karena ditemukan permasalahan pada pengembangan fisik motorik kasar anak usia 5-6 tahun kelas B di TK yang mulai terabaikan karena fokus pembelajaran telah bergeser pada peningkatan pembelajaran akademik guna mempersiapkan anak memasuki kejenjang pendidikan yang lebih tinggi. Melihat kenyataan ini maka perlu dikembangkan suatu produk permainan yang terdiri dari rangkaian kegiatan yang mampu menstimulasi perkembangan fisik motorik kasar anak. Produk yang dikembangkan adalah berupa permainan sirkuit Animove (Animal Movement). Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk permainan sirkuit yang mampu menstimulasi keterampilan motorik kasar anak khususnya pada kekuatan (Strength) Kecepatan (Speed) Kelincahan (Agility) pada anak usia 5-6 tahun yang memperhatikan aspek kemudahan keamanan dan kemenarikan pada permainan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R amp D) oleh Borg dan Gall yang telah dimodifikasi menjadi tujuh langkah yaitu melakukan 1) penelitian dan pengumpulan data awal di lapangan 2) merencanakan 3) mengembangkan produk awal 4) revisi awal 5) melakukan uji coba dalam kelompok kecil terbatas 6) melakukan revisi penyempurnaan produk dan 7) melakukan diseminasi atau penyebaran pada forum ilmiah pada seminar nasional pendidikan dan dipublikasikan dalam jurnal nasional PAUD. Data diperoleh dari para ahli antara lain ahli permainan AUD ahli alat permainan AUD ahli fisik motorik. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner/angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari validasi para ahli adalah sebagai berikut (1) 97 2% dinyatakan oleh ahli permainan bahwa permainan sirkuit Animove sangat valid sesuai dan mudah untuk dimainkan anak (2) ahli alat permainan menyatakan 84 09% permainan sirkuit Animove sangat valid aman dan menarik untuk anak (3) ahli fisik motorik menyatakan 96 43% permainan sirkuit Animove sangat valid dan dapat menstimulasi perkembangan fisik motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK B khususnya untuk melatih kekuatan koordinasi ketepatan dan kelincahan anak. Pada Uji kelompok kecil diperoleh data (1) 91 67% permainan ini aman untuk anak usia 5-6 tahun (2) 95% permainan Animove ini mudah untuk anak usia 5-6 tahun dan (3) 96 67% permainan ini menarik untuk anak usia 5-6 tahun. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa permainan Animove sangat valid dan layak untuk dimanfaatkan dalam menstimulasi perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122391

Actions (login required)

View Item View Item