Keterampilan komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam perpektif manajemen perubahan (studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Sumbergondo 2 Kota Batu) / Mardhatillah Andana Dwiayuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Keterampilan komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam perpektif manajemen perubahan (studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Sumbergondo 2 Kota Batu) / Mardhatillah Andana Dwiayuni

Dwiayuni, Mardhatillah Andana (2019) Keterampilan komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam perpektif manajemen perubahan (studi kasus di Sekolah Dasar Negeri Sumbergondo 2 Kota Batu) / Mardhatillah Andana Dwiayuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Dwiayuni Mardhatillah Andana. 2019. Keterampilan Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dalam Perspektif Manajemen Perubahan (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Negeri Sumbergondo 2 Kota Batu). Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Timan M.Pd (II) Imam Gunawan M. Pd. Kata Kunci komunikasi interpersonal kepala sekolah manajemen perubahan Kepala sekolah sebagai pemimpin sekaligus agen perubahan mempunyai tanggung jawab tidak hanya memberi arahan dan bimbingan namun juga membawa perubahan dalam bidang pendidikan dan menciptakan sekolah yang kondusif. Dalam hal ini kepala sekolah tentunya akan selalu berusaha meningkatkan hubungan baik dengan berbagai pihak melalui komunikasi. Namun masing-masing orang memiliki karakter dan identitas yang berbeda-beda sehingga kepala sekolah perlu memiliki keterampilan komunikasi interpersonal untuk menyatukan pandangan berbagai pihak sehingga dapat mencapai tujuan bersama. Faktor pendorong peneliti memilih SDN Sumbergondo 2 Kota Batu sebagai lokasi penelitian yaitu setelah dilakukan observasi dan wawancara kepada narasumber yaitu kepala sekolah dalam lima tahun terakhir terjadi perubahan terkait dengan pembelajaran dan prestasi yang telah diraih jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. SDN Sumbergondo 2 Kota Batu yang terletak di pedesaan bisa menjadi sekolah rujukan bagi sekolah lainnya. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam perspektif manajemen perubahan di SDN Sumbergondo 2 Kota Batu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk memperoleh deskripsi dan gambaran mengenai komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam manajemen perubahan dan menggunakan jenis penelitian studi kasus yang memusatkan sasaran pada manusia dan peristiwa. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang keterampilan komunikasi kepala sekolah dalam perspektif manajemen perubahan di SDN Sumbergondo 2 Kota Batu yaitu pertama proses komunikasi interpersonal diantaranya (1) membentuk hubungan interpersonal (2) penguatan hubungan interpersonal dan (3) timbul rasa percaya dan terbuka. Kedua cara kepala sekolah dalam membangun komunikasi interpersonal yaitu dengan (1) pendekatan budaya dan (2) pendekatan kekeluargaan. Ketiga media yang digunakan kepala sekolah dalam menjalin komunikasi interpersonal adalah (1) hand phone dan (2) papan pengumuman. Keempat faktor penghambat kepala sekolah dalam melakukan komunikasi interpersonal diantaranya (1) mindset para guru dan wali murid serta (2) faktor usia guru. Sedangkan faktor pendukung kepala sekolah dalam melakukan komunikasi interpersonal diantaranya (1) kemajuan teknologi yang mendukung komunikasi antar kepala sekolah dan guru maupun staf/tata usaha dan (2) komitmen guru untuk berubah. Kelima perubahan yang terjadi di SDN Sumbergondo 2 Kota Batu diupayakan melalui (1) upaya internal sekolah dengan perencanaan program peningkatan sumber daya manusia serta pembiasaan kedisiplinan dan (2) upaya eksternal sekolah melalui kerja sama dengan USAID (United States Agency for International Development). Keenam keterampilan komunikasi kepala sekolah dalam perspektif manajemen perubahan dilakukan dengan (1) pendekatan persuasif (2) pendekatan dialogis dan (3) pemberian motivasi. Ketiga pendekatan tersebut dilakukan kepada guru peserta didik dan wali murid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122368

Actions (login required)

View Item View Item