Hubungan kemampuan komunikasi interpersonal dan partisipasi dalam perkuliahan dengan kesiapan kerja mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Nihayatul Farida - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kemampuan komunikasi interpersonal dan partisipasi dalam perkuliahan dengan kesiapan kerja mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Nihayatul Farida

Farida, Nihayatul (2019) Hubungan kemampuan komunikasi interpersonal dan partisipasi dalam perkuliahan dengan kesiapan kerja mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang / Nihayatul Farida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Farida Nihayatul. 2019. Hubungan Kemampuan Komunikasi Interpersonal dan Partisipasi dalam Perkuliahan dengan Kesiapan Kerja Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. H. A. Supriyanto M.Pd. M.Si. (II) Ahmad Nurabadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Kemampuan Komunikasi Interpersonal Partisipasi dalam Perkuliahan Kesiapan Kerja Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesiapan mahasiswa yang rendah untuk memasuki dunia kerja. Lulusan sarjana pastinya memiliki kemampuan tertentu yang mendukung dirinya dalam dunia kerja. Kemampuan ini terdiri dari kemampuan komunikasi interpersonal dan partisipasi dalam perkuliahan. Sebagai makhluk sosial kemampuan komunikasi interpersonal berguna untuk menjalin kerjasama antar relasi dan partisipasi dalam perkuliahan berpengaruh terhadap kualitas kerja dan produktivitas kerja nantinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) tingkat kemampuan komunikasi pada mahasiswa (2) tingkat partisipasi dalam perkuliahan pada mahasiswa (3) kesiapan mahasiswa untuk kerja setelah lulus kuliah (4) hubungan kemampuan komunikasi interpersonal dan kesiapan kerja mahasiswa (5) hubungan partisipasi dalam perkuliahan dan kesiapan kerja mahasiswa dan (6) hubungan kemampuan komunikasi interpersonal dan partisipasi dalam perkuliahan dengan kesiapan kerja mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif model korelasional ganda. Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi interpersonal partisipasi dalam perkuliahan dan kesiapan kerja mahasiswa. Populasi penelitian ini sejumlah 863 mahasiswa angkatan 2015 FIP UM. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Tabel Krejcie Morgan dan proportionate stratified random sampling dengan menghasilkan sampel sebanyak 270. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup secara online. Analisis data menggunakan teknik deskriptif teknik korelasi Product Moment Pearson dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) tingkat kemampuan komunikasi interpersonal mahasiswa FIP UM tergolong sangat baik (2) tingkat partisipasi dalam perkuliahan mahasiswa FIP UM tergolong sedang (3) kesiapan kerja mahasiswa FIP UM cenderung pada kategori siap (4) ada hubungan yang signifikan dan positif pada kemampuan komunikasi interpersonal dan kesiapan kerja mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UM (5) ada hubungan yang signifikan dan positif pada partisipasi dalam perkuliahan dan kesiapan kerja mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan UM dan (6) ada hubungan yang signifikan dan positif kemampuan komunikasi interpersonal dan partisipasi dalam perkuliahan dengan kesiapan kerja mahasiswa FIP UM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122366

Actions (login required)

View Item View Item