Anjani, Nova Lia (2019) Implementasi pendidikan karakter pada nilai kejujuran dalam meningkatkan mutu sekolah (studi kasus di SMA Panjura Kota Malang) / Nova Lia Anjani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Anjani Nova Lia. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter pada Nilai Kejujuran dalam Meningkatkan Mutu Sekolah (Studi Kasus di SMA Panjura Kota Malang). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Djum Djum Noor Benty M.Pd. dan (II) Imam Gunawan S.Pd. M.Pd. Kata Kunci implementasi pendidikan karakter kejujuran mutu sekolah Sekolah sebagai lembaga pendidikan merupakan wadah dilaksanakannya proses pendidikan yang bertujuan untuk memberikan wawasan serta pengetahuan kepada peserta didik. Selain itu sekolah juga harus mengembangkan nilai-nilai karakter yang harus dimiliki oleh peserta didik saat ini sehingga dibutuhkan adanya pendidikan karakter yang baik dari setiap lembaga pendidikan. Dalam menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didik bukanlah suatu hal yang mudah dan dapat terbentuk secara instan. Oleh karena itu demi keberhasilannya dalam pendidikan karakter ini melibatkan semua pihak baik pihak keluarga lingkungan sekolah dan juga masyarakat. Kejujuran merupakan salah satu nilai pendidikan karakter yang harus diterapkan di sekolah karena nilai kejujuran merupakan nilai kunci dalam kehidupan. Selain itu penerapan nilai kejujuran penting untuk diprioritaskan dalam menyukseskan pendidikan baik di sekolah keluarga maupun masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter pada nilai kejujuran yang diterapkan di SMA Panjura Kota Malang (2) mendeskripsikan strategi dalam meningkatkan mutu sekolah melalui pendidikan karakter pada nilai kejujuran (3) mendeskripsikan faktor pendukung dalam menerapkan pendidikan karakter pada nilai kejujuran di SMA Panjura Kota Malang (4) mendeskripsikan faktor penghambat dalam menerapkan pendidikan karakter pada nilai kejujuran di SMA Panjura Kota Malang dan (5) mendeskripsikan solusi yang digunakan untuk mengatasi hambatan dalam menerapkan pendidikan karakter pada nilai kejujuran di SMA Panjura Kota Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis rancangan penelitian adalah studi kasus. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Sehingga dengan informasi yang diperoleh dapat diketahui mengenai implementasi pendidikan karakter pada nilai kejujuran dalam meningkatkan mutu sekolah. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan keabsahan temuan informasi menggunakan triangulasi pengecekan anggota dan kecukupan bahan referensi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan analisis data dan simpulan pembahasan ini adalah (1) implementasi pendidikan karakter pada nilai kejujuran dalam meningkatkan mutu sekolah meliputi penanaman nilai kejujuran ketika awal masuk sekolah dan peserta didik harus disiapkan dan ditanamkan mengenai karakter yang sudah menjadi unggulan di SMA Panjura Kota Malang dengan sedemikian rupa agar mampu menerima dan melaksanakan karakter kejujuran yang ada di sekolah. Kemudian keterlibatan kepala sekolah guru karyawan dan orang tua dari peserta didik dapat menunjang keberhasilan dalam penerapan karakter pada nilai kejujuran dan seluruh elemen akan bertanggungjawab dalam penerapan karakter pada nilai kejujuran ini (2) strategi dalam meningkatkan mutu sekolah melalui karakter pada nilai kejujuran di SMA Panjura Kota Malang yaitu terintegrasi dalam pembelajaran melalui kegiatan-kegiatan pembiasaan dan budaya sekolah serta pemberian motivasi (3) faktor pendukung penerapan pendidikan karakter pada nilai kejujuran meliputi faktor pendukung dari pihak internal yaitu pemberian motivasi yang dilakukan oleh guru dan kepala sekolah keterlibatan seluruh staff sekolah dan dari diri peserta didik itu sendiri kemudian faktor pendukung dari pihak eksternal yaitu pemberian motivasi dan sosialiasi dari pihak alumni (4) faktor penghambat penerapan pendidikan karakter pada nilai kejujuran meliputi faktor penghambat dari pihak internal yaitu keberagaman karakteristik peserta didik kurangnya kesadaran dan percaya diri dari peserta didik serta pengaruh dari teman sebaya kemudian faktor penghambat dari pihak eksternal yaitu beberapa orang tua tidak mengajarkan pembiasaan yang baik dan pengaruh lingkungan masyarakat luar dan (5) solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam penerapan pendidikan karakter pada nilai kejujuran meliputi solusi untuk mengatasi hambatan dari pihak internal yaitu kepala sekolah dan guru melakukan pendekatan serta memberian pengarahan kepada peserta didik kesadaran yang tinggi dari peserta didik dan sebagai sesama teman harus saling mengingatkan kemudian solusi untuk mengatasi hambatan dari pihak eksternal yaitu pihak sekolah mengundang wali murid untuk pemberian sosialisasi dan pengarahan pihak sekolah memberikan nasihat secara personal maupun bersama-sama kepada peserta didik. Berdasarkan simpulan penelitian ini maka disarankan kepada (1) Kepala SMA Panjura Kota Malang diharapkan kepala sekolah dapat memberikan motivasi secara terus-menerus dalam penerapan pendidikan karakter kejujuran di sekolah memantapkan komitmen bersama untuk mewujudkan visi misi dan tujuan sekolah serta menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua/wali murid (2) Guru SMA Panjura Kota Malang hendaknya guru membangun komunikasi dengan orang tua/wali murid agar lebih aktif dan guru diharapkan selalu menyadarkan peserta didik terhadap pentingnya menanamkan nilai kejujuran di sekolah maupun di luar sekolah (3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu referensi tema penelitian mahasiswa yang berkaitan dengan pendidikan karakter pada nilai kejujuran serta menjaga kerja sama yang baik dengan sekolah sebagai lokasi penelitian dan (4) Peneliti Lain peneliti menyarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi atau bahan pertimbangan bagi peneliti lain untuk melanjutkan penelitian pada berbagai aspek yang belum terungkap tentang pendidikan karakter yang ada di SMA Panjura Kota Malang dengan topik-topik yang lebih mendalam terutama mengenai pendidikan karakter pada nilai kedisiplinan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/122362 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |