Pengelolaan kafetaria sekolah di atas air (studi kasus SMP Negeri 26 Surabaya) / Novita Tri Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan kafetaria sekolah di atas air (studi kasus SMP Negeri 26 Surabaya) / Novita Tri Wulandari

Wulandari, Novita Tri (2019) Pengelolaan kafetaria sekolah di atas air (studi kasus SMP Negeri 26 Surabaya) / Novita Tri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wulandari Novita Tri. 2019. Pengelolaan Layanan Kafetaria Sekolah di Atas Air. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sultoni M. Pd. (II) Desi Eri Kusumaningrum S. Pd. M. Pd. Kata Kunci pengelolaan layanan khusus kafetaria sekolah di atas air Layanan kafetaria sekolah merupakan salah satu sarana penunjang yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam kegiatan di sekolah. Mengingat pentingnya asupan yang penuh gizi bagi peserta didik selama mereka berada di dalam lingkungan sekolah pihak sekolah haruslah lebih berhati-hati dalam menentukan jenis makanan dan minuman yang dijajakan di kafetaria sekolah. Peserta didik sangat memerlukan makanan yang banyak mengandung gizi yang cukup selama mereka berada di sekolah agar pesrta didik dapat berkonsentrasi dengan baik saat mereka menerima pelajaran di kelas. Dengan jam pelajaran yang cukup lama saat peserta didik berada di sekolah untuk menerima materi pelajaran untuk itu makanan yang dikonsumsi peserta didik haruslah yang memenuhi gizi agar mereka dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah dengan baik. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan yaitu perencanaan layanan kafetaria sekolah di atas air pengorganisasian layanan kafetaria sekolah di atas air pelaksanaan layanan kafetariasekolah di atas air dan pengawasan layanan kafetaria sekolah di atas air. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bermaksud untuk memahami fenomena yang terjadi dalam subjek penelitian berupa perilaku kebiasaan persepsi kegiatan yang dilaksanakan. Jenis rancangan penelitian yang digunakan adalah studi kasus yaitu kasus yang dipilih memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh situasi atau kasus lain oleh karena itu peneliti menyelidiki kasus secara intensif dan kemudian mendeskripsikannya. Pengumpulan data diperoleh peneliti dari hasil wawancara observasi dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi teknik serta menggunakan kecukupan bahan referensi. Kegiatan analisis data dimulai dari display penyajian mereduksi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan didapat empat kesimpulan hasil penelitian yang meliputi 1) perencanaan layanan kafetaria sekolah di atas air meliputi tujuan didirikan layanan kafetaria sekolah di atas air pihak-pihak yang terlibat perencanaan layanan kafetaria sekolah di atas air strategi perencanaan layanan kafetaria langkah-langkah perencanaan layanan kafetaria sekolah di atas air yang meliputi merencanakan model/bentuk kafetaria sekolah merencanakan pembangunan kafetaria sekolah merencanakan personel kafetaria sekolah merencanakan menu harga metode pembayaran dan pelayanan merencanakan biaya operasional kafetaria sekolah merencanakan nota kesepakatan bersama antara pihak sekolah dengan penjual makanan di layanan kafetaria sekolah di atas air 2) pengorganisasian layanan kafetaria sekolah di atas air yang meliputi struktur organisasi layanan kafetaria sekolah di atas air dan peran dan tugas dari masing-masing pihak yang terlibat 3) pelaksanaan layanan kafetaria sekolah di atas air yang meliputi jam operasional layanan kafetaria sekolah di atas air jenis layanan kafetaria sekolah di atas air proses produksi makanan dan minuman layanan kafetaria sekolah di atas air menyediakan makanan dan minuman yang bergizi dan sehat dan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai dan sesuai standar kesehatan 4) pengawasan layanan kafetaria sekolah di atas air yang meliputi pengawasan internal dari pihak sekolah yang dilaksanakan setiap hari dan pengawasan eksternal yang dilakukan oleh puskesmas manukan secara berkala. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan beberapa hal untuk pihak yang terkait dengan pengelolaan layanan kafetaria sekolah di atas air yaitu bagi (1) Koordinator kafetaria sekolah hendaknya perlu meningkatkan koordinasi baik dengan guru pedagang maupun dengan pihak puskesmas dan tetap mendampingi peserta didik saat ikut serta dalam mengawasi pedagang makanan dan minuman di kafetaria sekolah (2) Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri 26 Surabaya hendaknya memiliki strategi yang lebih efektif dalam melibatkan partisipasi guru di layanan kafetaria sekolah. Selain itu diharapkan memberikan pembekalan kepada pedagang makanan dan minuman di layanan kafetaria sekolah mengenai pentingnya kandungan gizi makanan untuk peserta didik agar dapat menambah wawasan pedagang makanan dan minuman di layanan kafetaria sekolah (3) Guru dan Staf SMP Negeri 26 Surabaya membantu dan mendukung kegiatan di layanan kafetaria sekolah dengan membantu pada saat jam istirahat untuk penukaran kupon hendaknya dapat meningkatkan partisipasi dalam kegiatan di layanan kafetaria sekolah serta memberikan saran kepada wakil kepala sekolah maupun koordinator layanan kafetaria sekolah mengenai pelaksanaan layanan kafetaria sekolah (4) Pedagang kafetaria sekolah hendaknya ikut berpartisipasi pada saat ada sosialisasi dari Puskesmas Manukan agar dapat menambah pengetahuan mengenai pentingnya asupan gizi makanan untuk peserta didik pada saat di sekolah (5) Peneliti selanjutnya yang mengangkat permasalahan yang sama di SMP Negeri 26 Surabaya diharapkan untuk melakukan penelitian tentang laporan keuangan layanan kafetaria sekolah terhadap kontribusinya untuk sekolah keterlibatan peserta didik dalam pengelolaan layanan kafetaria sekolah pendapat pedagang setiap gubuk total pengeluaran peserta didik untuk makan dan minum di kafetaria sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122360

Actions (login required)

View Item View Item