Kepemimpinan melayani dalam membangun budaya sekolah di SMA Swasta Katolik Cor Jesu Malang / Agung Alfias

Alfias, Agung (2019) Kepemimpinan melayani dalam membangun budaya sekolah di SMA Swasta Katolik Cor Jesu Malang / Agung Alfias. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Alfias, Agung. 2019. Kepemimpinanan Melayani dalam Membangun Budaya Sekolah di SMA Swasta Katolik Cor Jesu Malang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Timan, M.Pd., (II) Dr. Asep Sunandar, S. Pd., M.Ap. Kata Kunci: kepemimpinan melayani, budaya sekolah Kepemimpinan melayani, merupakan kepemimpinan yang berawal dari perasaan tulus yang timbul dari dalam hati untuk melayani, menempatkan kebutuhan pengikut sebagai prioritas, menyelesaikan sesuatu bersama orang lain dan membantu orang lain dalam mencapai suatu tujuan. Sedangkan budaya sekolah merupakan asumsi dasar, keyakinan, dan praktik yang dibagikan oleh anggota komunitas sekolah dan membentuk bagaimana sekolah memandang lingkungannya serta membentuk operasi dan fungsinya. SMAS Katolik Cor Jesu Malang dengan semboyan “serviam” yang berarti saya siap mengabdi, bersama seluruh stakeholder baik kepala sekolah, guru dan staf, siswa, serta masyarakat berusaha untuk menciptakan sistem pendidikan yang utuh. Pendidikan yang tidak hanya terpaut pada segi kognitif, melainkan juga pembangunan mental dan karakter yang menjadi ciri khas bangsa. Sebagai Pendidikan Ursulin, SMAS Katolik Cor Jesu Malang memiliki nilai-nilai dasar yaitu “Servite et Amate” yang merupakan akronim dari Serviam, integrity, against the tide, compassionate motherhood, achievement motivation, dan team spirit. Fokus penelitian ini adalah (1) budaya sekolah di SMAS Katolik Cor Jesu Malang; (2) karakteristik kepemimpinan melayani kepala sekolah di SMAS Katolik Cor Jesu Malang; (3) peran kepala sekolah dalam membangun budaya sekolah di SMAS Katolik Cor Jesu Malang; (4) faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam membangun budaya sekolah di SMAS Katolik Cor Jesu Malang. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus untuk memperoleh data deskriptif secara alamiah, komprehensif, dan intensif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam pengumpulan data, peneliti berperan sebagai key instrument dan kepala sekolah bagian sebagai key informan. Analisis data dilakukan selama di lapangan dan setelah selesai di lapangan. Secara interaktif kegiatan analisis data ini dilakukan dengan serangkaian proses reduksi data dan display data. Setelah diperolehnya data penelitian dilakukan pengecekan keabsahan data melalui triangulasi dan pengecekan anggota. Simpulan penelitian ini menunjukkan: (1) budaya-budaya yang terdapat di SMAS Katolik Cor Jesu Malang yaitu budaya cinta tanah air, budaya pemilihan sampah, budaya melayani sesama, budaya rapi, santun, sederhana, budaya disiplin dan tepat waktu, budaya antri, berpikir kritis, budaya berprestasi, budaya insieme (kebersamaan); (2) karakteristik kepemimpinan kepala SMAS Katolik Cor Jesu Malang yaitu mengembangkan guru dan staf, mendampingi dan mengarahkan, terbuka terhadap pendapat dan mendengarkan, seorang pemimpin yang memiliki integritas, membangun semangat persaudaraan, pemimpin yang memiliki empati dan perhatian; (3) kepala sekolah berperan memberikan teladan dan pemahaman tentang visi dan misi sekolah, serta core values yang menjadi khas SMAS Katolik Cor Jesu Malang, kepala sekolah berperan sebagai koordinator, kepala sekolah berperan dalam memberikan wawasan kepada guru dan staf untuk menghadapi perkembangan; (4) faktor pendukung dalam membangun budaya sekolah di SMAS Katolik Cor Jesu Malang yaitu adanya semangat bersama pendidikan ursulin, disiplin dan semangat kekeluargaan, dalam membangun budaya sekolah terdapat beberapa hambatan di antaranya yaitu kurangnya kerja sama orang tua dalam mendidik anak di rumah dan perbedaan karakter peserta didik dari berbagai macam daerah seperti Papua, Manado, Nusa Tenggara dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122349

Actions (login required)

View Item View Item