Kepemimpinan visioner master camp dalam meningkatkan mutu pendidikan: studi kasus di Sekolah Dolan Villa Bukit Tidar Malang / Selvi Firdausi Nuzula

Nuzula, Selvi Firdausi (2019) Kepemimpinan visioner master camp dalam meningkatkan mutu pendidikan: studi kasus di Sekolah Dolan Villa Bukit Tidar Malang / Selvi Firdausi Nuzula. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nuzula, Selvi Firdausi. 2019. Kepemimpinan Visioner Master Camp dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Studi Kasus di Sekolah Dolan Vila Bukit Tidar Malang. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri, S.Sos, M.Pd, (II) Imam Gunawan, S. Pd, M. Pd. Kata Kunci: kepemimpinan visioner, Master Camp, mutu pendidikan, Sekolah Dolan Kepemimpinan visioner merupakan kepemimpinan yang berlandaskan dalam pengimplementasian visi dan misi untuk kemajuan suatu lembaga yang dipimpin. Kepemimpinan visioner ada dikarenakan tuntutan dalam kemajuan zaman di mana pendidikan selalu dikembangkan agar dapat mencetak sumber daya manusia yang dapat diandalkan bagi kemajuan pembangunan. Maka dari itu, kepemimpinan visioner merupakan kemampuan seorang pemimpin dalam menciptakan, merumuskan, mengkomunikasikan, mensosialisasikan, mentransformasikan, dan mengimplementasikan pemikiran-pemikiran yang berasal dari dirinya sebagai hasil dari interaksi sosial diantara anggotanya san diyakini sebagai cita-cita organisasi dimasa depan yang harus diwujudkan melalui komitmen dari semua personil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) karakteristik kepemimpinan visioner di Sekolah Dolan Vila Bukit Tidar Malang; (2) tahapan-tahapan yang dilakukan kepemimpinan visioner dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dolan Vila Bukit Tidar Malang; (3) upaya merealisasi kepemimpinan visioner dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dolan Vila Bukit Tidar Malang; (4) faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dan solusi yang diambil master camp terkait kepemimpinan visioner dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dolan Vila Bukit Tidar Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus.Teknik pengumpulan data yang digunakanyaitu: (1) pengamatan; (2) wawancara; (3) dokumentasi. Hasil penelitian diketahui: (1) karakteristik kepemimpinan visioner Master Camp dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dolan Vila Bukit Tidar Malang antara lain; (2) tahapan-tahapan yang dilakukan kepemimpinan visioner dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dolan Vila Bukit Tidar Malang yaitu; (3) upaya Master Camp dalam merealisasikan tahapan-tahapan yang ada untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah yaitu dengan memperbanyak jaringan untuk berinteraksi untuk saling berkolaborasi dan membantu dalam pengembangan pendidikan kesetaraan atau nonformal; (4) faktor Pendukung dalam kepemimpinan visioner dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dolan Vila Bukit Tidar Malang yaitu dengan banyaknya jaringan untuk berinteraksi dan saling berkolaborasi untuk membantu dalam pengembangan pendidikan kesetaraan. Faktor penghambat atau kendala yang dialami oleh Master Camp adalah terkait kebijakan pemerintah tentang pendidikan kesetaraan. Saran dalam penelitian ini yaitu: (1) bagi Master Camp Sekolah Dolan Vila Bukit Tidar Malang perlu mempertahankan karakteristik kepemimpinan visioner yang sudah diterapkan dan terus melakukan pengembangan program-program yang ada di sekolah sesuai dengan tuntutan zaman. Kegiatan tes talents mapping juga perlu dipertahankan karena dengan adanya tes tersebut maka orangtua akan megetahui potensi yang dimiliki oleh anak, sehingga orangtua dapat membantu proses pembelajaran sesuai dengan karakteristik yang dimiliki oleh anak; (2) bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dolan Vila Bukit Tidar Malang dapat memahami visi dan tujuan sekolah untuk dijadikan acuan dalam menjalankan tugas sebagai tutor sehingga dapat menjadi teladan bagi anak-anak; (3) bagi Dinas Pendidikan diharapkan lebih melihat keadaan lembaga sekolah kesetaraan atau nonformal di lapangan, dan diharapkan kepemimpinan visioner, program dan kegiatan yang ditemukan dalam penelitian ini dapat dijadikan contoh maupun acuan pada lembaga lain dalam mengembangkan mutu pendidikan; (4) bagi Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan dapat memberi pengetahuan sehingga dapat menerapkan terkait kepemimpinan visioner di lingkungan atau kelompok organisasi/lembaganya sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan; (5) bagi Peneliti Lain diharapkan dapat menjadi acuan dan pertimbangan apabila ingin melakukan penelitian yang sejenis atau penelitian lanjutan dengan tujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122344

Actions (login required)

View Item View Item