Implementasi program langit biru dalam meningkatkan karakter peserta didik (studi kasus di SMP Negeri 3 Tuban) / Wahyu Nurul Cholifah

Cholifah, Wahyu Nurul (2019) Implementasi program langit biru dalam meningkatkan karakter peserta didik (studi kasus di SMP Negeri 3 Tuban) / Wahyu Nurul Cholifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Cholifah, Wahyu Nurul. 2019. Implementasi Program Langit Biru dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. A. Supriyanto, M.Pd, M,Si. (2) Dr. Juharyanto, M.M, M,Pd. Kata Kunci: program langit biru, karakter, smp negeri 3 Tuban Sekolah merupakan suatu lembaga pendidikan yang menyelenggarakan proses belajar mengajar dan memegang peranan sangat penting dalam rangka pembentukan karakter manusia yang baik melalui pendidikan. Dalam suatu lembaga pendidikan saat ini di harus menanamkan pendidikan karakter. Pendidikan karakter akan tercapai apabila pihak sekolah dan orang tua peserta didik dapat bekerja sama untuk mewujudkan pendidikan karakter tersebut. Fokus penelitian ini adalah latar belakang program Langit Biru di SMP Negeri 3 Tuban, model manajemen penyelenggaraan program Langit Biru, sosialisasi program Langit Biru terhadap peserta didik baru di SMP Negeri 3 Tuban, pelaksanaan program Langit Biru di SMP Negeri 3 Tuban, peran guru dan orangtua terhadap program Langit Biru di SMP Negeri 3 Tuban, faktor penghambat dan solusi dalam pelaksanaan program Langit Biru di SMP Negeri 3 Tuban, dan dampak program Langit Biru terhadap pembentukkan karakter peserta didik di SMP Negeri 3 Tuban. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bermaksud untuk untuk memahami fenomena yang dialamai oleh subjek penelitian mengenai program Langit Biru. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah studi kasus. Pengumpulan data diperoleh peneliti dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data, dan memverifikasi data. Untuk mengecek keabsahan data, peneliti menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekkan anggota. Berdasarkan analisis data, temuan penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 3 Tuban sebagai berikut. Pertama, latar belakang terbentuknya program langit biru adalah masih ada peserta didik yang belum melaksanakan sholat dhuha, pelnggaran tata tertib, belum ada program khusus pendidikan karakter, dan belum ada pemanfaatan jalur informasi komunikasi mengenai kegiatan sekolah. Kedua, model manajemen penyelenggaraan program yaitu planning, organizing, actuating, dan controlling. Ketiga, pengenelan program langit biru terhadap peserta didik baru dilakukan saat kegiatan PLS (Pengenalan Lingkungan sekolah), upacara bendera, dan pembentukkan tim rohis. Keempat, pelaksanaan program langit biru dilaksanakan pada hari Selasa sampai Sabtu pukul 06:40, kegiatan tersebut berupa sholawatan, sholat dhuha, dzikir, dan membaca AL Qur’an. Kelima, peran guru dan orangtua dalam program langit biru. Peran guru yaitu membina dan mendampingi peserta didik saat pelakasanaan kegiatan program langit biru. sedangkan peran orangtua yaitu memberikan motivasi, memberikan dana jika mampu dan dengan sukarela, serta memberi masukkan mengenai program langit biru. Keenam, faktor penghambat dalam program langit biru yaitu terdapat peserta didik yang terlambat melaksanakan kegiatan tersebut, peserta didik perempuan beralasan halangan, tandon air hanya mempunyai satu, beberapa guru tidak mendukung, dan alat fingerprint saat ini di lepas karena mushola sedang direnovasi. Solusi dari masalah tersebut adalah tim rohis keliling kelas, peserta didik yang halangan mengganti dengan bersih-bersih lingkungan mushola, menambah jumlah tandon air, melakukan pendekatan pada guru yang tidak mendukung, dan menginformasikan kepada orangtua peserta didik jika SMS sambung rasa di non aktifkan karena alat fingerprint dilepas. Ketujuh, dampak Dampak program langit biru terhadap pembentukkan karakter peserta didik yaitu: peserta didik lebih bertanggungjawab, religius, jujur, toleransi, disiplin, peduli sosial, dan 18 nilai karakter menurut Kemendiknas terpenuhi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bagi: (1) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan kebijakan program pendidikan karakter di sekolah lain, (2) Kepala SMP Negeri 3 Tuban, diharapkan kepala sekolah dapat mempertimbangkan agar melengkapi fasilitas untuk menunjang program langit biru , (3) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan, diharapkan untuk lebih mengoperasikan budaya berkarakter di Jurusan Administrasi Pendidikan, serta dapat menambahkan kajian tentang pendidikan karakter dalam rangka peningkatan kinerja pegawai; (4) Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan, diharapkan dapat dijadikan sebagai upaya penanaman nilai-nilai karakter pada mahasiswa agar dapat berperilaku dengan baik sesuai dengan nilai-nilai karakter; (5) Peneliti lain, diharapkan dapat menyempurnakan berbagai aspek yaitu strategi pengembangan program, kerjasama sekolah DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri), dan partisipasi masyarakat dalam program langit biru yang belum terungkap tentang program pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122341

Actions (login required)

View Item View Item