Hubungan keefektifan pembinaan dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dengan kinerja guru dalam pembelajaran SMKN di Kota Malang / Mutya Alfarina

Alfarina, Mutya (2019) Hubungan keefektifan pembinaan dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dengan kinerja guru dalam pembelajaran SMKN di Kota Malang / Mutya Alfarina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Alfarina, Mutya. 2019. Hubungan Keefektifan Pembinaan dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dengan Kinerja Guru dalam Pembelajaran SMKN di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: (I) Dra. Djum Djum Noor Benty, M.Pd., (II) Desi Eri Kusumaningrum, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: pembinaan, pengembangan keprofesian berkelanjutan, kinerja guru dalam pembelajaran Guru yang berkualitas memberikan andil yang besar terhadap mutu pendidikan khususnya di Indonesia. Oleh sebab itu, kemampuan dan keahlian yang dimiliki guru harus terus menerus dibina dan dikembangkan, dalam hal ini institusi pemerintah dan satuan pendidikan harus ikut andil. Kinerja yang optimal merupakan bukti nyata dari seorang guru yang profesional. Dalam memenuhi kewajiban dan menjalankan tugas-tugas profesional yang diwujudkan dalam bentuk kinerja, guru dituntut untuk melakukan suatu proses penumbuhan dan pengembangan profesinya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) tingkat keefektifan kegiatan pembinaan guru SMKN di Kota Malang; (2) tingkat keefektifan kegiatan pengembangan profesi guru berkelanjutan SMKN di Kota Malang; (3) tingkat kinerja guru dalam pembelajaran SMKN di Kota Malang; (4) hubungan antara keefektifan pembinaan dan kinerja guru dalam pembelajaraan SMKN di Kota Malang; (5) hubungan antara pengembangan keprofesian berkelanjutan dan kinerja guru dalam pembelajaran SMKN di Kota Malang; dan (6) hubungan keefektifan pembinaan dan pengembangan keprofesian berkelanjutan dengan kinerja guru dalam pembelajaran SMKN di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian bersifat deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan populasi guru PNS SMKN di Kota Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak di tiap populasi dengan proporsi yang sama. Dari data yang telah ada, sebanyak 5 buah SMKN di Kota Malang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan angket tertutup. Analisis data dalam penelitian ini: (1) Analisis deskripsi data; (2) Analisis Korelasi Product Moment Pearson, dan (3) Analisis Korelasi Berganda. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh enam kesimpulan hasil penelitian yang meliputi: (1) tingkat keefektifan pembinaan guru SMKN di Kota Malang masuk dalam tingkatan kategori sedang. Tidak semua guru mengikuti semua jenis pembinaan yang ada dalam metode pembinaan. Guru hanya melakukan jenis atau metode pembinaan sesuai kebutuhan.; (2) tingkat keefektifan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) guru SMKN di Kota Malang masuk dalam tingkatan kategori rendah. Dalam hal ini, sebagian besar guru PNS tidak atau belum melakukan unsur kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang meliputi pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif; (3) tingkat kinerja guru dalam pembelajaran SMKN di Kota Malang masuk dalam tingkatan kategori tinggi. Berarti sebagian besar guru telah melakukan pembelajaran dengan baik, yakni mencakup perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian/evaluasi pembelajaran. Dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran juga harus memuat pendahuluan, isi, dan penutup. Pengukuran kinerja guru dilakukan melalui Penilaian Kinerja Guru (PKG); (4) tidak ada hubungan yang signifikan antara keefektifan pembinaan dengan kinerja guru SMKN di Kota Malang. Dapat dikatakan bahwa pembinaan guru selama ini belum secara komprehensif memperhatikan faktor-faktor yang berkaitan dengan kinerja termasuk dalam pembelajaran; (5) ada hubungan rendah antara pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) dengan kinerja guru dalam pembelajaran SMKN di Kota Malang. Berarti bahwa pengembangan keprofesian berkelanjutan berkaitan dan berhubungan kinerja guru dalam pembelajaran. Akan tetapi, guru hanya mengikuti kegiatan yang terkandung dalam unsur pengembangan keprofesian berkelanjutan sesuai kebutuhan saja; dan (6) ada hubungan sangat rendah keefektifan pembinaan dan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) dengan kinerja guru dalam pembelajaran. Hal ini berarti menunjukkan bahwa pembinaan dan pengembangan keprofesian berkelanjutan ada keterkaitan dengan kinerja guru dalam pembelajaran. Kegiatan pembinaan dan pengembangan keprofesian berkelanjutan dilakukan oleh guru. Saran penelitian ini ditujukan bagi (1) kepala SMKN di Kota Malang hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk lebih memperhatikan serta dapat meningkatkan kegiatan pembinaan guru melalui supervisi; (2) guru SMKN di Kota Malang hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber referensi dan motivasi untuk terus mengikuti kegiatan pembinaan baik yang dilakukan kepala sekolah maupun pengawas serta kegiatan pengembangan diri sesuai kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kemampuan dan kinerja yang optimal; (3) ketua Jurusan Administrasi Pendidikan, yaitu sebagai masukan maupun gambaran bahwa pembinaan dan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilakukan guru di sekolah belum dilakukan secara efektif; (4) bagi peneliti lain, sebagai bahan rujukan dalam sebuah penelitian namun dalam penelitian yang ditinjau dari sudut pandang yang berbeda. Seperti halnya suatu kegiatan pembinaan yang efektif apakah akan mempengaruhi tingkat kinerja guru yang tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122340

Actions (login required)

View Item View Item