Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi peserta didik dalam pemilihan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) negeri di Kota Blitar / Ida Putri Lestari

Lestari, Ida Putri (2019) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi peserta didik dalam pemilihan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) negeri di Kota Blitar / Ida Putri Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lestari, Ida Putri. 2019. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peserta Didik dalam Pemilihan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) Negeri di Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri, S. Sos, M. Pd, (2) Desi Eri Kusumaningrum, S. Pd, M. Pd. Kata Kunci: Faktor Pemilihan Sekolah, peserta didik. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi semua orang, baik dari kalangan anak-anak, remaja dan orang dewasa. Semua membutuhkan pendidikan yang bermutu karena setiap orang yang memiliki pendidikan yang tinggi diharapkan mampu mendapatkan pekerjaan yang bagus, mampu meningkatkan perekonomian, sehingga segala aspek pemerintahan dapat berjalan dengan baik. Sekolah merupakan tempat dilakukannya memberi dan menerima pembelajaran antara guru dengan peserta didik. Dalam pemilihan sekolah peserta didik dipengaruhi berbagai faktor-faktor yang dipertimbangkan sebelum menentukan sekolah. Hal tersebut dipertimbangkan karena peserta didik berharap mendapatkan pendidikan yang bermutu, sehingga dapat dijadikan investasi dimasa yang akan datang. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi peserta didik dalam pemilihan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) Negeri di Kota Blitar; (2) seberapa tingkat faktor-faktor yang mempengaruhi peserta didik dalam pemilihan SLTA Negeri di Kota Blitar; dan (3) Apa faktor dominan yang mempengaruhi peserta didik dalam pemilihan SLTA Negeri di Kota Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) faktor-faktor yang mempengaruhi peserta didik dalam pemilihan SLTA Negeri di Kota Blitar; (2) tingkat faktor yang mempengaruhi peserta didik dalam pemilihan SLTA Negeri di Kota Blitar; (3) faktor dominan yang mempengaruhi peserta didik dalam pemilihan SLTA Negeri di Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian analisis deskriptif dan analisis eksploratori. Metode ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor baru dari hasil rotasi faktor-faktor yang sudah ada. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X dari SLTA negeri di Kota Blitar yang berjumlah 3722 peserta didik. Sampel dari penelitian ini berjumlah 361 peserta didik. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu kuisioner yang berisi butir-butir pernyataan berjumlah 38 butir. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis eksploratori dengan menggunakan bantuan Statistical Package for The Social Science (SPSS) for windows versi 16. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi peserta didik dalam pemilihan sekolah adalah: faktor sarana, faktor sumber daya manusia, dan faktor sekolah unggul. (2) Tingkat pengaruh faktor peserta didik dalam memilih sekolah yaitu: faktor sarana sebesar 26,184 (16,604%), faktor sumber daya manusia 6,304 (10,987%), faktor sekolah unggul 4,769 (9,666%). (3) Faktor dominan yang mempengaruhi peserta didik dalam memilih sekolah adalah faktor sarana. dari temuan faktor pada penelitian ini mampu menjelaskan 32,35% faktor yang mempengaruhi peserta didik dalam pemilihan SLTA Negeri di Kota Blitar. Dari 100% faktor yang mempengaruhi peserta didik dalam pemilihan sekolah, masih terdapat 67,65% yang belum bisa dijelaskan pada penelitian ini. Hal ini dikarenakan pada penelitian ini terbatas pada faktor-faktor yang diteliti. Berdasarkan penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Andryana (2019) menunjukkan hasil penelitiannya yaitu faktor yang mempengaruhi peserta didik dalam memilih sekolah adalah mutu pendidikan, lokasi sekolah, fasilitas sekolah, biaya pendidikan dan ekstrakurikuler. Jadi dapat disimpulkan 67,65% faktor yang belum dijelaskan pada penelitian ini bisa jadi dari faktor-faktor tersebut. Berdasarkan temuan yang dihasilkan dari penelitian ini saran yang dikemukakan penulis bagi Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kota Blitar hendaknya mengatur pemerataan jumlah peserta didik SLTA Negeri Kota Blitar. Bagi Kepala Sekolah SLTA Negeri di Kota Blitar hendaknya memperhatikan kembali sarana dan prasarana yang disediakan di sekolah, karena dengan tersedianya fasilitas yang memadahi, keadaan fasilitas yang layak pakai dan lengkap berpengaruh terhadap kemampuan peserta didik pada proses belajar. Bagi masyarakat sekitar dan orangtua sebaiknya orangtua atau masyarakat dalam membantu memilihkan sekolah menyesuaikan dengan kebutuhan anaknya sebagai peserta didik, mengumpulkan informasi-informasi tentang sekolah yang dibutuhkan, seperti sarana yang diberikan sekolah, kurikulum, pendidik dan tenaga kependidikan dan prestasi. Bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan referensi dalam melakukan penelitian yang sejenis dengan faktor yang belum dibahas pada penelitian ini dan dapat menambah wawasan untuk melakukan penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122333

Actions (login required)

View Item View Item