Manajemen penataan dan pemeliharaan sarana prasarana sekolah berdasarkan konsep 3P (penampilan, Pelayanan, Prestasi): studi kasus di SMA Negeri 2 Malang / Indra Lesmana - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen penataan dan pemeliharaan sarana prasarana sekolah berdasarkan konsep 3P (penampilan, Pelayanan, Prestasi): studi kasus di SMA Negeri 2 Malang / Indra Lesmana

Lesmana, Indra (2020) Manajemen penataan dan pemeliharaan sarana prasarana sekolah berdasarkan konsep 3P (penampilan, Pelayanan, Prestasi): studi kasus di SMA Negeri 2 Malang / Indra Lesmana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lesmana Indra. 2020. Manajemen Penataan dan Pemeliharaan Sarana Prasarana Berdasarkan Konsep 3P (Penampilan Pelayanan dan Prestasi) Studi Kasus SMA Negeri 2 Kota Malang. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal M.Pd. (II) Dr. H Burhanuddin M.Ed. Ph.D. Kata Kunci Manajemen Penataan Manajemen Pemeliharaan Sarana Prasarana Konsep 3P. Sarana dan prasarana merupakan salah satu komponen pendukung dalam kegiatan penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Selain itu ketersediaan sarana dan prasarana juga berguna untuk melayani peserta didik terutama untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Sarana prasarana juga perlu dikelola agar nantinya dapat membuahkan hasil bagi siapapun yang menggunakan. Selain sarana prasarana dikelola juga perlu ditata agar nantinya dapat memberikan kemudahan untuk penggunaanya. Tujuan dari penataan selain untuk menyediakan kemudahan bagi pengguna dan nantinya juga dapat menambah nilai estetika. Setelah adanya penataan hendaknya sarana prasarana juga perlu diperlihara agar kondisi sarana prasarana tersebut tetap dalam kondisi siap pakai dan mencegah terjadinya kerusakan. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji lebih dalam mengenai (1) orientasi penataan dan pemeliharaan sarana parasarana (2) partisipasi guru dalam penataan dan pemeliharaan sarana prasarana (3) langkah-langkah penataan dan pemeliharaan sarana prasarana berdasarkan konsep 3P (4) dampak adanya manajemen penataan dan pemeliharaan sarana prasarana berdasarkan konsep 3P (5) kendala-kendala manajemen penataan dan pemeliharaan sarana prasarana berdasarkan konsep 3P (6) cara mengatasi kendala manajemen penataan dan pemeliharaan sarana prasarana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti memilih pendekatan ini dikarenakan ingin mengamati serta mengkaji lebih dalam mengenai fenomena unik. Peneliti ingin mengkaji mengenai penataan dan pemeliharaan sarana prasarana berdasarkan konsep 3P yang dilakukan di SMAN 2 Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan sebagai berikut (1) penataan dan pemeliharaan sarana prasarana di SMAN 2 Malang berorientasi pada aturan tujuan dan konsep serta memperhatikan prinsip-prinsip penataan seperti layout hubungan antar ruang dan luas lahan (2) partisipasi guru dalam penataan dan pemeliharaan sarana prasarana diikutsertakan dalam rapat penyusuan program penataan dan pemeliharaan serta terlibat dalam tim pembangunan sekolah serta guru berpartisipasi dalam kegiatan pemeliharaan sarana prasarana (3) penataan dan pemeliharaan sarana prasarana dikelola dengan baik melalui kegiatan analisis dengan menyusun program-program penataan dan pemeliharaan serta adanya pembagian tugas antar guru dan penyusunan jadwal pelaksanaan yang nantinya kegiatan tersebut dievaluasi secara bertahap (4) adanya penataan dan pemeliharaan sarana prasarana berdasarkan konsep 3P dapat dirasakan hasilnya dari segi penampilan pelayanan dan prestasi serta memberikan kemudahan bagi warga sekolah (5) kendala-kendala penataan dan pemeliharaan sarana prasarana meliputi keterbatasan dana kurangnya tenaga ahli dan kesadaran warga (6) dalam mengatasi kendala yang ada kepala sekolah melakukan berbagai upaya dimulai dari melibatkan seluruh warga serta memberikan pemahaman bahwa sekolah bukan hanya milik segelintir orang dan juga kepala sekolah memaksimalkan sumberdaya yang dimiliki sekolah serta menjalin kerjasama dengan pihak komite dan instansi-instansi pemerintah. Saran dari penelitian ini ditunjukan pada (1) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur agar senantiasa memberikan sosialisasi mengenai pentingnya manajemen penataan dan pemeliharaan sarana prasarana (2) Kepala Sekolah SMAN 2 Kota Malang dapat menjadikan hasil penelitian sebagai bahan peningkatan dalam menata dan memelihara sarana prasarana (3) Wakil Kepala Sekolah Bagian Sarana Prasarana SMAN 2 Kota Malang dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai pertimbagan inovasi dalam menata dan memelihara sarana prasarana yang ada disekolah (4) Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan menambah wawasan tentang manajemen penataan dan pemeliharaan sarana dan prasarana (5) peneliti lain dapat mempertimbangkan temuan peneliti sebagai referensi untuk belajar dan melakukan penelitian serupa namun dengan jenis data atau variabel yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122313

Actions (login required)

View Item View Item