Penerapan sprachbaukasten-spiel pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 8 Malang / Dewi Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan sprachbaukasten-spiel pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 8 Malang / Dewi Pratiwi

Dewi (2011) Penerapan sprachbaukasten-spiel pada pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 8 Malang / Dewi Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci keterampilan menulis Sprachbaukasten-Spiel Keterampilan berbahasa mencakup empat aspek pokok yakni menyimak berbicara membaca dan menulis. Meskipun menulis sering terletak pada posisi terakhir tapi tidak berarti menulis tidak penting berarti dan berperan karena siswa tidak lepas dari kegiatan tulis-menulis apalagi dalam kegiatan belajar. Pada keterampilan menulis bahasa Jerman siswa harus menguasai kosakata dan gramatik dengan benar agar dapat menulis dengan baik. Oleh karena itu siswa sering mengalami kesulitan dalam membuat kalimat karena kurangnnya kosakata yang dikuasai. Berdasarkan hal tersebut peneliti menggunakan Sprachbaukasten-Spiel sebagai teknik pengajaran untuk keterampilan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Sprachbaukasten-Spiel pada pembelajaran keterampilan menulis Bahasa Jerman di SMA Negeri 8 Malang sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitiannya adalah lembar observasi dan kuesioner atau angket. Subjek penelitiannya adalah siswa SMA Negeri 8 Malang kelas XI Bahasa tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 8 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Sprachbaukasten-Spiel ini cukup mampu menumbuhkan semangat siswa untuk ikut aktif dalam kegiatan pembelajaran serta dapat melatih dan mempermudah siswa dalam membuat kalimat dengan gramatik yang tepat. Selain itu penerapan Sprachbaukasten-Spiel ini juga cukup membantu siswa dalam memahami dan mengingat materi terutama gramatik yang diajarkan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru matapelajaran bahasa Jerman untuk menggunakan Sprachbaukasten-Spiel pada pembelajaran keterampilan menulis. Hal tersebut diharapkan dapat memberikan dampak yaitu berupa tertariknya siswa pada pembelajaran menulis khususnya dan bahasa Jerman umumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12231

Actions (login required)

View Item View Item