Proses pemasaran lembaga pendidikan di Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah swasta Kota Kediri / Febri Dwi Ariyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses pemasaran lembaga pendidikan di Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah swasta Kota Kediri / Febri Dwi Ariyati

Ariyati, Febri Dwi (2020) Proses pemasaran lembaga pendidikan di Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah swasta Kota Kediri / Febri Dwi Ariyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu tugas bagian hubungan sekolah dan masyarakat atau humas adalah mempromosikan memasarkan dan meningkatkan citra sekolah kepada masyarakat. Strategi yang digunakan oleh humas dalam mempromosikan dan memasarkan sekolah menentukan seberapa banyak calon pengguna layanan jasa pendidikan tersebut. Lembaga pendidikan harus memberikan pelayanan yang berkualitas kepada stakeholder. Salah satu dari fungsi dari pemasaran yaitu untuk membangun citra positif di masyarakat. Jadi apabila lembaga pendidikan memiliki citra yang baik di mata masyarakat maka kemungkinan besar akan lebih mudah untuk mengatasi persaingan dengan lembaga pendidikan lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses strategi intent dalam pemasaran lembaga pendidikan di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kota Kediri (2) proses strategic market analysis dalam pemasaran lembaga pendidikan di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kota Kediri (3) proses marketing implementation dalam pemasaran lembaga pendidikan di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kota Kediri (4) serta mengetahui perbedaan proses pemasaran lembaga pendidikan berdasarkan jenis sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Populasi yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 42 sekolah. Dari 42 sekolah diambil 33 sekolah karena ada beberapa sekolah yang tidak berkenan dalam mengisi angket. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Penelitian ini menemukan beberapa data yang dapat disimpulkan sebagai berikut (1) proses strategic intent dalam pemasaran lembaga pendidikan di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kota Kediri termasuk kategori selalu. Dengan presentase 76% menjawab selalu artinya proses strategic intent selalu diterapkan dalam pemasaran lembaga Pendidikan di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kota Kediri. (2) proses strategic market analysis dalam pemasaran lembaga Pendidikan di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kota Kediri termasuk kategori sering. Dengan presentase 45% menjawab selalu dan sering artinya proses strategic market analysis sering diterapkan dalam pemasaran lembaga pendidikan di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kota Kediri. (3) proses marketing implementation dalam pemasaran lembaga pendidikan di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kota Kediri termasuk kategori sering. Dengan presentase 73% menjawab sering artinya proses marketing implementation sering diterapkan dalam pemasaran lembaga pendidikan di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kota Kediri. (4) Pada perhitungan kruskal wall one way anova nilai probabilitas (asymp. Sig) sebesar 0 055. Pada perhitungan median test nilai probabilitas (asymp. Sig) sebesar 0 073. Berdasarkan temuan tersebut hasil analisis diketahui gt 0 05 maka dapat dinyatakan tidak terdapat perbedaan proses pemasaran lembaga pendidikan di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kota Kediri berdasarkan jenis sekolah. Dapat disimpulkan bahwa pada lembaga pendidikan sekolah dasar umum sekolah dasar islam sekolah dasar kristen dan sekolah dasar katolik di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kota Kediri memiliki proses pemasaran lembaga pendidikan yang sama. Saran dari penelitian ini ditujukan kepada (1) Bagi Ketua Yayasan Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kota Kediri Dalam melaksanakan kegiatan promosi sekolah diharapkan ketua yayasan dapat lebih mengembangkan beberapa proses pemasaran lembaga pendidikan yang sesuai dengan kondisi keberadaan sekolah agar dalam melaksanakan promosi sekolah dapat berjalan lancar dan tepat sasaran yang diinginkan. (2) Bagi Kepala Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kota Kediri Setelah mengetahui dan memahami proses pemasaran lembaga pendidikan diharapkan kepala sekolah dapat lebih teliti serta lebih meningkatkan cara dalam menganalisis setiap proses pemasaran lembaga pendidikan. Dalam upaya meningkatkan cara dalam menganalisis setiap proses pemasaran maka kepala sekolah dapat merekrut tenaga pemasaran yang profesional agar dalam melaksanakan promosi sekolah tidak hanya mengandalkan perintah dari kepala sekolah. (3) Bagi Petugas Humas/ Guru Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kota Kediri Dalam upaya meningkatkan kualitas sekolah maka dalam melaksanakan promosi sekolah petugas humas/ guru sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah harus mengetahui proses-proses pemasaran secara urut. Selain itu mereka harus menyumbangkan beberapa ide untuk merencanakan kegiatan promosi sekolah. Tugas humas/ guru sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah dalam promosi sekolah adalah untuk menciptakan inovasi serta mengembangkan teknik-teknik promosi sekolah tahun kemarin yang kemudian dapat diperbaiki atau bahkan dapat ditambahi guna untuk diterapkan pada tahun selanjutnya. Dengan selalu memperhatikan dan mencatat hasil evaluasi dan monitoring dari setiap kegiatan maka promosi sekolah pada tahun selanjutnya akan berjalan sesuai dengan rencana yang diharapkan. (4) Bagi Peneliti Selanjutnya penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan kajian peneliti lain yang akan melakukan penelitian sejenis. Diharapkan peneliti selanjutnya mampu mengembangkan penelitian ini baik dengan metode yang sama ataupun dengan metode berbeda. Apabila dengan metode yang sama peneliti diharapkan mampu menyusun jenis instrumen penelitian yang lebih baik lagi namun apabila dengan metode yang berbeda peneliti dapat menggunakan wawancara untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122304

Actions (login required)

View Item View Item