Pengembangan buku dengan teknologi 3D augmented reality materi tematik tema peduli terhadap makhluk hidup untuk siswa kelas IV / Akhmad Faiq Abdillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku dengan teknologi 3D augmented reality materi tematik tema peduli terhadap makhluk hidup untuk siswa kelas IV / Akhmad Faiq Abdillah

Abdillah, Akhmad Faiq (2019) Pengembangan buku dengan teknologi 3D augmented reality materi tematik tema peduli terhadap makhluk hidup untuk siswa kelas IV / Akhmad Faiq Abdillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Abdillah Akhmad Faiq 2019. Pengembangan Buku Dengan Teknologi 3D Augmented Reality Materi Tematik Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas IV. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. (1) Prof. Dr. I. Nyoman S. Degeng M.Pd (2) Dr. Henry Praherdhiono S.Si M.Pd. Keywords Buku Suplemen Augmented Realitiy Struktur dan Fungsi Tumbuhan. Pembelajaran IPA sangat penting bagi siswa karena merupakan sebuah wahana untuk membekali siswa dengan pengetahuan keterampilan dan sikap yang diperlukan untuk melanjutkan pendidikan dan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan di sekelilingnya. Ilmu Pengetahuan Alam di berikan di sekolah dasar dimaksudkan agar siswa mempunyai pengetahuan gagasan dan konsep yang terorganisasi tentang alam sekitar yang diperoleh dari pengalaman melalui proses ilmiah antara lain penyeledikan penyusunan dan penyajian gagasan-gagasan. Hasil observasi dan wawancara di SDN Polehan 3 Malang ditemukan beberapa hambatan dalam kegiatan pembelajaran. Beberapa di antaranya adalah dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada saat ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran diantaranya klasikal (guru menggunakan metode ceramah) dan pembelajaran mandiri (siswa menggunakan buku cetak). Namun penggunaan buku cetak dan metode ceramah dirasa belum optimal pemanfaatanya dan belum tentu sesuai dengan minat/gaya belajar siswa. Selain itu penggunaan buku cetak dirasa kurang optimal karena dalam materi struktur dan fungsi tumbuhan diperlukan visualisasi yang lebih dari sekedar teks dan gambar saja. Salah satu media pembelajaran yang dapat membantu memvisualisasikan konsep abstrak untuk pemahaman dan struktur suatu model objek yang sekaligus bisa mempermudah guru untuk memberikan visualisasi mengenai materi yang tidak bisa diamati secara langsung oleh siswa menggunakan teknologi 3D Augmented Reality. Dalam penelitan pengembangan buku suplemen 3D Augmented Reality ini diperlukan prosedur yang sistematik dan terencana sehingga menghasilkan produk yang valid dan dapat bermanfaat untuk pembelajaran dikelas. Prosedur pengembangan dilaksanakan dengan berpedoman pada model Borg and Gall. Penelitian dan pengembangan yang dikembangkan menurut Borg and Gall (2003) yang terdiri dari 10 tahapan yaitu (1) penelitian awal dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) uji coba produk awal (5) revisi produk utama (6) uji coba produk utama (7) revisi produk operasional (8) uji coba produk operasional (9) revisi produk final dan (10) diseminasi dan implementasi. Penelitian ini menghasilkan kriteria valid dengan perolehan total persentase ahli media 93 75% (valid) ahli materi 72 18% (cukup valid) uji coba perseorangan 100% (valid) uji coba kelompok kecil 100% (valid) uji coba kelompok besar 99 1% (valid). Buku suplemen siswa juga dinyatakan cukup efektif digunakan sebagai bahan ajar karena 66 66% siswa telah mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122238

Actions (login required)

View Item View Item