Penguasaan Pedagogical Knowledge (PK) guru sekolah dasar suburban dalam pengembangan dan implementasi rencana pembelajaran / Pipit Novita Candra - Repositori Universitas Negeri Malang

Penguasaan Pedagogical Knowledge (PK) guru sekolah dasar suburban dalam pengembangan dan implementasi rencana pembelajaran / Pipit Novita Candra

Candra, Pipit Novita (2020) Penguasaan Pedagogical Knowledge (PK) guru sekolah dasar suburban dalam pengembangan dan implementasi rencana pembelajaran / Pipit Novita Candra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Candra Pipit Novita 2020.Penguasaan Pedagogical Knowledge (PK) Guru Sekolah Dasar Suburban dalam Pengembangan dan Implementasi Rencana Pembelajaran.Skripsi Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Yerry Soepriyanto S.T M.T. (II) Dr. Henry Praherdhiono S.Si M.Pd. Kata Kunci Technological Pedagogical and Content Knowledge(TPACK) Pedagogical Knowledge(PK) Rencana pembelajaran Salah satu komponen Pedagogical Technology and Content Knowledge(TPACK) adalah Pedagogical Knowledge (PK).Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Suburban.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penguasaanPedagogical Knowledge(PK) guru dalam merencanakan dan mengimplementasikannya rencana pembelajaran.Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif.Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan datayakni wawancara observasi dan dokumentasi.Data primer diperoleh dariwawancara guru wali kelas peserta didik serta kepala sekolah.Sedangkan data sekunder diperoleh dari observasi dan dokumentasi.Dalam penelitian ditemukan bahwa guru selalu memiliki rencana pembelajaran sebelum melakukan pembelajaran.Berdasarkan model ADDIE (Branch 2009) secara umum langkah-langkah pengembanganrencana pembelajaran gurusudahsesuai. Secara khusus tahap analisis yang dilakukan guru hanya analisiskebutuhan peserta didik. Pada tahap desain hanya menentukan tujuan merancang materi serta media. Pada tahapevaluasi hanya melakukan penilaian terhadap hasil belajar peserta didik. Selain itu terdapat kesenjangan antara pengetahuan guru mengenai teori dalam desain pembelajaran dengan pelaksanaan pembelajaran.Pengetahun guru mengenai teori-teori dalam desain pembelajaran masih kurang.Sedangkan dalam pelaksanaanya guru dapat menentukan pembelajaran yang cocok untuk diterapkan di kelas berdasarkan pengalaman sebelumnya.Guru menggunakan rencana pembelajaran sebagai pedoman namun seringkali melakukan improvisasi terhadap rencana pembelajaran yang telah dibuat.Saat pembelajaran Pedagogical Knowledge(PK) guru mengenai peserta didikmasih kurang. Guru belum bisa menyesuaikan pembelajaran dengan berbagai karakteristik peserta didikyang berbeda atau masih mencari segmen aman.Bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian mengenai Pedagogical Knowledge (PK) diharapkan melakukan penelitian lebih mendalam mengenai pengetahuan tacit seperti komitmen perilaku dan cara kerja guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2020 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 01:44
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/122109

Actions (login required)

View Item View Item